(Businesslounge Journal-Entrepreneurship)
Cara beradaptasi dengan perubahan bisnis
Berikut ini beberapa kiat tentang cara beradaptasi dengan berbagai perubahan bisnis yang mungkin Anda alami:
- Identifikasi masalah atau tujuan
Banyak perubahan berasal dari organisasi yang mengalami kesulitan atau ingin mencapai tujuan tertentu, baik reaktif maupun proaktif. Perusahaan mungkin ingin memperluas operasi atau membuat perubahan proaktif untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Perusahaan dapat menerapkan perubahan pengembangan atau transisi untuk membantunya tumbuh dan mencapai tujuannya. Sebaliknya, perusahaan mungkin sedang berjuang dan ingin menerapkan perubahan transformasional, seperti mengganti dewan direksi untuk merestrukturisasi organisasi. Setelah Anda mengidentifikasi masalah atau tujuan, Anda dapat mulai mendapatkan ide tentang perubahan apa yang dapat mengatasi atau mencapainya.
- Lakukan curah pendapat tentang perubahan
Setelah Anda mengidentifikasi masalah atau tujuan, Anda dapat mulai mengeksplorasi perubahan yang ingin Anda buat. Lakukan curah pendapat tentang ide-ide untuk mengatasi masalah atau mencapai tujuan. Beberapa perubahan mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan, yang tidak dapat diprediksi, jadi penting untuk memahami semua opsi yang tersedia bagi Anda. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan semua pengambil keputusan, manajemen, dan karyawan yang relevan untuk memahami perspektif mereka dan mendapatkan saran.
- Buat rencana yang komprehensif
Setelah Anda melakukan curah pendapat dan memutuskan perubahan mana yang ingin Anda buat, Anda dapat memulai proses pembuatan rencana terstruktur untuk mencapainya. Identifikasi jenis perubahan bisnis yang Anda buat: pengembangan, transisi, atau transformasional. Evaluasi area atau sektor bisnis yang dapat dipengaruhi oleh perubahan dan, jika memungkinkan, rencanakan untuk kemungkinan yang terjadi. Meskipun Anda tidak dapat memprediksi bagaimana perubahan dapat memengaruhi organisasi di masa mendatang, Anda dapat membuat strategi untuk mempersiapkan hasil yang ideal. Saat Anda membuat rencana terperinci, Anda membantu bisnis mengakomodasi perubahan dengan lebih mudah.
- Mulai dari atas
Menerapkan perubahan organisasi jauh lebih mudah jika Anda memulai dengan anggota hierarki organisasi tertinggi. Ketika para eksekutif memahami perubahan yang mungkin terjadi pada operasi, budaya, dan proses, mereka dapat mulai menyusun dokumen terperinci dan materi pelatihan untuk membantu mereka yang berada di bawah hierarki beradaptasi dengannya. Perubahan dimulai dari puncak organisasi dan bergerak ke bawah hierarki hingga semua karyawan memahami dan menerapkannya.
- Lacak perubahan Anda
Aspek penting dalam membuat perubahan dalam bisnis adalah melacak hasilnya. Indikator kinerja utama dan metrik lainnya memungkinkan Anda mengevaluasi apakah perubahan yang Anda buat berdampak positif atau menimbulkan masalah baru. Anda juga dapat mengumpulkan umpan balik langsung dari karyawan untuk memahami bagaimana perubahan tersebut memengaruhi mereka dan departemen mereka. Penting untuk memberi karyawan cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan bisnis.

