20 Strategi Pemasaran Restoran Untuk Meningkatkan Penjualan (Bagian 3)

(Businesslounge Journal-Marketing and Services)

Pemasaran untuk restoran dapat melibatkan pengembangan kehadiran daring dan di media sosial, membangun hubungan dengan pelanggan, membuat penawaran, mendiversifikasi bisnis, dan melibatkan audiens dan bisnis untuk meningkatkan kesadaran di area lokal. Jika Anda bekerja di pemasaran restoran dan ingin meningkatkan penjualan, ada berbagai teknik yang dapat Anda gunakan untuk memamerkan bisnis tersebut. Berikut ini adalah kelanjutan dari 20 strategi pemasaran restoran yang sukses, mulai dari pemasaran media sosial hingga melibatkan komunitas lokal.

14. Kembangkan identitas merek dan nada suara
Memikirkan dengan saksama identitas merek restoran dapat membantu Anda dengan semua aspek lain dari aktivitas pemasaran Anda. Identitas merek dapat menentukan dekorasi restoran, cara staf restoran berinteraksi dengan pelanggan, item pada menu, dan struktur harga restoran. Identitas merek yang dikembangkan dengan baik juga dapat membantu Anda menetapkan nada suara yang dapat Anda gunakan di media sosial, internet, dan konten tertulis atau cetak apa pun.

15. Sediakan menu daring yang jelas dan mudah diakses
Calon pelanggan mungkin ingin meninjau menu sebelum memutuskan untuk berkunjung. Pastikan Anda memiliki versi menu yang mudah diakses di situs web Anda, di lokasi yang mudah ditemukan. Jika menu berubah secara berkala, pastikan Anda mengunggah versi terbaru setiap kali menu berubah.

16. Kirim buletin email
Berikan pelanggan kesempatan untuk tetap berhubungan dengan mendaftar ke milis. Hal ini memungkinkan manajer pemasaran untuk menjangkau pelanggan secara langsung dan memberi mereka penawaran dan insentif untuk mengunjungi kembali restoran tersebut. Anda juga dapat menciptakan minat tambahan terhadap restoran tersebut dengan membagikan berita tentang perubahan menu, pembaruan restoran, dan pengembangan staf, seperti penunjukan kepala koki baru.

17. Manfaatkan peluang pemasaran luring
Aktivitas pemasaran luring tradisional masih dapat menawarkan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang restoran tersebut. Anda dapat memilih untuk beriklan dengan pers lokal, menyebarkan brosur melalui kotak surat, atau meninggalkan poster di komunitas lokal. Bagi bisnis lokal, aktivitas ini dapat sangat efektif. 18. Undang pengulas untuk hadir
Salah satu strategi pemasaran tradisional yang paling efektif untuk restoran adalah mengundang pengulas untuk hadir. Meskipun Anda dapat menggunakan jasa influencer untuk melakukan ini, masih ada tempat bagi pengulas tradisional yang mungkin bekerja untuk pers lokal, nasional, atau daring. Ulasan positif dari kritikus terkenal dapat berdampak signifikan pada nasib restoran.

19. Pantau reputasi daring Anda
Memantau reputasi daring restoran membantu Anda untuk tetap mengetahui konten yang terkait dengan bisnis di internet dan media sosial. Anda dapat mengatur peringatan untuk pencarian mesin pencari dan memanfaatkan alat pemantauan media sosial untuk melacak keterlibatan dan penyebutan. Ini dapat membantu Anda mengendalikan percakapan daring tentang bisnis.

20. Buat menu musiman dengan bahan-bahan yang bersumber secara lokal
Berkonsentrasi pada menu dan kualitas makanan adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi restoran. Dengan mengubah menu secara teratur untuk menanggapi tren musiman dan berfokus pada bahan-bahan lokal yang segar, Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan isu-isu seperti asal-usul dan keberlanjutan. Ini dapat membantu Restoran agar tetap relevan dan mampu menanggapi perubahan dan tren dalam industri.