Strategi Jual Produk dengan Harga Mahal tapi Laris Manis

(Business Lounge Journal – Marketing)

Pernahkah Anda membeli rujak buah dengan harga 70 ribu rupiah untuk 1 porsi? Anda mungkin tertawa mendengar ini, tapi ternyata ada penjual rujak buah yang menjual dengan harga mahal tersebut. Ternyata ia berhasil memasarkan dan menjual produk tersebut dengan sangat laris manis dan penjualan terbanyak hampir 200 porsi per harinya. Wow!

Mungkin Anda pernah juga mendengar enterpreuner yang memasarkan produk jualannya dengan harga di atas harga pasaran, lalu Anda berpikir bagaimana mungkin laku? Sama seperti contoh rujak buah yang biasa dijual di pasaran 10-30 ribu rupiah tapi enterprenuer tersebut berani menjual dengan harga 70 ribu rupiah untuk 1 porsinya. Hmm.. menarik untuk kita bahas.

Menjual produk mahal dengan laris manis dan yang memicu rasa penasaran pembeli hingga rela membelinya – meskipun awalnya mungkin produk tersebut tidak dibutuhkan – tentu saja membutuhkan strategi yang tepat. Ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk dapat Anda lakukan:

Memahami Psikologi Konsumen:

Pahami FOMO (Fear of Missing Out): Manfaatkan rasa takut ketinggalan tren atau pengalaman baru. Tampilkan produk Anda sebagai sesuatu yang eksklusif dan langka yang harus dimiliki. Biasanya penjual akan memanfaatkan psikologi konsumen dengan kata-kata “dapatkan segera sekarang sebelum kehabisan!”

Gunakan Bukti Sosial:

Tunjukkan kepada calon pelanggan bahwa orang lain menyukai dan membeli produk Anda. Gunakan testimoni, ulasan, dan influencer untuk membangun kredibilitas. Mintalah kepada pelanngan atau pembeli Anda untuk memberikan ulasan yang baik tentang produk,pengiriman, lokasi atau apapun yang menunjang penjualan produk Anda.

Ciptakan Urgensi:

Tawarkan diskon terbatas waktu atau edisi terbatas untuk mendorong pembelian impulsif. Anda bisa memakai kata-kata “Hanya hari ini saja!” atau “Penjualan akan ditutup dalam waktu 1 jam saja!”.

Ceritakan Cerita yang Menarik:

Bangun koneksi emosional dengan pelanggan dengan menceritakan kisah tentang produk Anda, bagaimana produk Anda dibuat, dan nilai yang ditawarkannya. Disini dibutuhkan keluwesan dari penjual untuk menceritakan produknya mengapa dijual dengan harga mahal, apakah dari bahan baku yang digunakan, cerita dibalik produk tersebut dengan emosional tonase suara atau kata-kata yang menarik.

Memanfaatkan Pemasaran Konten yang Menarik

Buat konten yang informatif dan menarik:

Buat blog, video, dan infografis yang mendidik dan menarik tentang produk Anda dan industrinya. Dari proses pemilihan bahan baku, pembuatannya, sampai packaging nya. Hal ini akan membangun kepercayaan dari pembeli Anda bahwa memang produk tersebut layak dibeli dengan harga mahal.

Gunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan:

Bangun komunitas online dengan terlibat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, dan menanggapi umpan balik. Saat ini banyak platform media sosial yang bisa digunakan, mulai dari toko e-commerce ataupun sosial media pribadi yang bisa digunakan untuk terhubung dengan pengikut akun anda.

Jalankan iklan bertarget:

Gunakan platform iklan online seperti Google Ads dan Facebook Ads untuk menargetkan audiens yang tepat dengan pesan yang relevan. Tapi Anda harus berhati-hati dalam penggunaan Ads ini ya jangan sampai tidak tepan sasaran yang akan berujung “boncos”

Selamat mencoba strategi penjualan tersebut, dan yang paling penting ialah percaya diri dengan produk yang Anda punya, hal ini akan membuat orang lain akan terbangun kepercayaannya terhadap diri Anda sendiri.