(Businesslounge Journal-Entrepreneurship)
Hilangkan stres untuk memimpin tim Anda menuju kesuksesan. Stres dapat memberikan dampak negatif secara emosional, mental dan fisik, dan kegagalan dalam mengelolanya sebagai pemilik bisnis bahkan dapat berdampak buruk bagi perusahaan Anda.
Anda dapat mengelola stres dengan menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang stabil dan menerapkan praktik bisnis terbaik.
Dengan adanya alat manajemen stres, bisnis Anda akan mendapatkan manfaat dari lebih sedikit hari sakit, produktivitas lebih tinggi, dan pergantian karyawan yang lebih rendah.
Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang ingin mengelola stres kewirausahaan dengan lebih baik.
Tantangan dalam memiliki bisnis tidak selalu tentang merekrut karyawan atau memuaskan pelanggan. Terkadang, pergumulannya lebih bersifat pribadi. Banyak pemilik bisnis mengorbankan waktu berkualitas bersama keluarga, hobi, dan kehidupan sosialnya untuk membangun perusahaannya.
Stres karena ketinggalan dan bekerja terlalu keras bisa bertambah. Menurut studi yang dilakukan oleh Small Biz Silver Lining, 75 persen pemilik usaha kecil mengkhawatirkan kesehatan mental mereka, sementara 56 persen telah didiagnosis menderita depresi, kecemasan, atau kondisi yang berhubungan dengan stres. Mempelajari cara mengatasi stres mungkin sama pentingnya dengan kesuksesan bisnis jangka panjang Anda seperti halnya mempelajari cara menghasilkan keuntungan, dan tentu saja penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda dalam jangka panjang.
Menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang ideal
Menciptakan keseimbangan kehidupan kerja dapat menjadi tantangan nyata, kata Rosalie Moscoe, mantan pemilik Health in Harmony, sebuah perusahaan konsultan kesehatan berbasis di Toronto yang membantu pekerja mengatasi stres. Perjuangan pribadi yang dihadapi oleh pemilik usaha kecil bersifat emosional, fisik, mental dan finansial.
“Ketika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, ada banyak hal yang perlu dipikirkan yang sebelumnya tidak perlu Anda khawatirkan: melakukan pembayaran pinjaman, membelanjakan tabungan Anda, tidak ada uang masuk dan semua uang Anda keluar,” kata Moscoe. .
Tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghilangkan masalah yang menyebabkan stres. Kemungkinan besar Anda akan bekerja lebih lama sebagai pemilik bisnis, dan Anda akan kewalahan dan terlalu banyak bekerja. Jika Anda baru memulai, Anda mungkin merasa memulai bisnis sendiri itu sepi, yang juga dapat menyebabkan stres, kata Moscoe.
Bahaya stres di tempat kerja
Stres memengaruhi lebih dari sekadar kondisi mental dan emosional Anda. Tekanan pekerjaan memfasilitasi penambahan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Selain dampak fisik, stres juga dapat berdampak pada kesehatan mental, terutama pada wanita. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita lebih sensitif terhadap depresi dan gangguan mental lainnya dibandingkan pria.
Itu hanya sekilas dampak ketegangan terhadap seseorang. Berikut ini adalah beberapa bahaya lain yang diketahui dari stres kerja.
Kecemasan: Memiliki dan mengelola bisnis disertai dengan banyak ketidakpastian. Ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui dalam bisnis, baik mengenai masalah keuangan atau manajemen, dapat meningkatkan kecemasan dan menambah stres.
Isolasi: Pemilik bisnis cenderung bekerja sendiri saat mereka membangun merek dan menangani dokumen, klien, dan tugas organisasi lainnya. Saat Anda tenggelam dalam daftar tugas, Anda akan mudah mengisolasi diri dari orang lain, yang dapat membuat Anda merasa tidak terlihat – bahkan saat dikelilingi oleh karyawan.
Ketakutan: Setiap pemilik bisnis memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Kurangnya rasa percaya diri pada bidang tertentu mungkin mendorong mereka untuk bekerja terlalu keras demi mempelajari atau menguasai keterampilan atau informasi, menghindari kegagalan, dan membenarkan kurangnya kepercayaan mereka pada orang lain. Ketakutan seperti ini dapat mengganggu keseluruhan dinamika dan alur kerja tim.
Burnout: Sangat menyenangkan bisa berdedikasi pada sesuatu dan bekerja keras untuk itu. Namun, jika Anda bekerja pada tingkat yang tidak sehat, hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan. Hal ini dapat terjadi karena terlalu banyak mengerjakan tugas sendirian, bekerja dengan jam kerja yang berlebihan, atau mencoba melakukan semuanya sekaligus.
Apa itu manajemen stres?
Manajemen stres adalah proses mengembangkan rutinitas dan strategi yang memberikan cara sehat untuk beristirahat dan bersantai. Ini bisa sesederhana mengambil istirahat sepanjang hari kerja dan cukup tidur. Berikut adalah beberapa contoh teknik manajemen stres lainnya:
Mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan merencanakan hari Anda sebelumnya
Mempraktikkan teknik relaksasi seperti meditasi dan pernapasan dalam
Menganalisis dan meningkatkan pendekatan Anda dalam menghadapi kesulitan
Memperkuat hubungan interpersonal dan jaringan dukungan Anda
Keterampilan ini memungkinkan Anda mengubah situasi stres menjadi peluang positif untuk pertumbuhan dan kemajuan. Dengan mempelajari cara menangani pemicu stres, Anda mendapatkan kendali lebih besar atas hidup dan reaksi Anda. Kunci untuk mengelola stres adalah menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan rumah, meskipun Anda bekerja berjam-jam.
Pertimbangkan saran berikut yang ditawarkan Moscoe sebagai cara efektif untuk memerangi stres:
• Tetapkan jadwal seolah-olah Anda akan melakukan pekerjaan tetap.
• Rencanakan hari Anda di pagi hari.
• Perjelas pada diri Anda sendiri tentang prioritas utama Anda, dan fokuslah pada prioritas yang akan menghasilkan bisnis.
• Fokus pada awalnya pada pemasaran bisnis Anda; jangan menghabiskan seluruh waktu Anda pada administrasi.
• Terus menilai kembali tujuan Anda, dan jangan biarkan segala sesuatunya menjauh dari Anda.
• Mendapatkan bantuan. Jangan lakukan semuanya sendiri.
• Kembangkan jaringan dukungan sosial teman dan keluarga.
• Jangan korbankan hubungan demi bisnis Anda.
• Bangun pagi dan jalan-jalan.
• Makanlah dengan benar, dan bukan di meja Anda.
• Minum banyak air.
Pekerjaan bisa menjadi sumber stres yang besar, namun penting untuk melawan perasaan negatif yang semakin membebani Anda, dengan menggunakan metode yang paling sesuai untuk Anda.
Manajemen bisnis yang lebih baik mengurangi stres kerja
Sama pentingnya dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah menemukan cara mengelola bisnis yang mengurangi stres. Menemukan karyawan yang dapat berbagi tanggung jawab dengan Anda juga akan sangat membantu mengurangi stres Anda. Menyiapkan mereka agar sukses saat Anda tidak ada adalah hal yang lebih penting.
“Pemimpin tunggal yang heroik tidak lagi sejalan dengan tuntutan yang membebani kepemimpinan saat ini,” kata J. Richard Hackman, mantan profesor psikologi sosial dan organisasi di Universitas Harvard, dalam sebuah studi tentang kepemimpinan bersama.
“Kondisi paling penting untuk kepemimpinan tim bersama yang efektif mencakup tim yang merupakan kelompok yang matang dan memiliki batasan yang wajar,” kata Hackman dalam pernyataannya. “Mereka harus mengetahui kekuatan dan kelemahan satu sama lain untuk mengidentifikasi siapa yang harus dituju untuk tugas tertentu. Kondisi kedua adalah saling bergantung satu sama lain untuk tujuan atau sasaran bersama yang spesifik.”
Manfaat manajemen stres yang lebih baik
Moscoe percaya bahwa penting untuk fokus pada alasan Anda memulai bisnis Anda.
“Ini adalah pekerjaan tersulit di dunia,” katanya. “Tetapi jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda akan merasa memiliki kendali atas bagaimana Anda akan melakukannya, dan itulah faktor terbesar dalam mengurangi stres.”
Manajemen stres baik untuk Anda dan bisnis Anda. Tanpa kepemimpinan yang mencontohkan manajemen stres dan keseimbangan kehidupan kerja yang tepat, staf Anda mungkin akan lebih sering sakit dan menjadi kurang produktif. Manajemen stres yang efektif menghasilkan semangat kerja karyawan yang lebih tinggi, hari sakit yang lebih sedikit, pergantian karyawan yang lebih sedikit, dan budaya perusahaan yang positif.
Hilangkan stres untuk memimpin tim Anda menuju kesuksesan
Cara terbaik untuk memimpin adalah dengan memberi contoh, jadi mengelola stres Anda dengan cara yang sehat dan memberikan tim Anda alat untuk melakukan hal yang sama adalah kunci untuk mengembangkan budaya tempat kerja yang berakar pada kesehatan. Imbalan dari melakukan hal ini bukan hanya lingkungan kerja yang lebih sehat dan bahagia, namun juga bisnis yang lebih sukses. Jadi, jika tempat kerja Anda perlu menghilangkan stres, cobalah menerapkan tips dalam panduan ini hari ini!