(Business Lounge Journal – News and Insight)
GrabAds baru saja merilis data yang menyatakan bahwa 9 dari 10 pengguna Grab di Indonesia memiliki rencana untuk tetap menggunakan layanan pesan-antar makanan selama bulan puasa. Laporan ini juga menyatakan bahwa mayoritas dari para pengguna akan melakukan pemesanan dalam jumlah yang lebih besar.
Bulan puasa seriang kali menjadi sebuah kesempatan bagi para pelaku usaha kuliner, khususnya UMKM untuk meningkatkan penjualan. Hal ini pun mendapatkan dukungan dari GrabAds yang memberikan 4 tips penting bagi para pemilik bisnis kuliner yang memanfaatkan iklan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
- Antisipasi jam sibuk
Dari survei yang ada, sejumlah 39% konsumen menyatakan rencana mereka untuk membuat pesanan berbuka di antara jam 12:00-17:00 WIB, sedangkan 40% lainnya menyatakan akan membuat pesanan di antara jam 17.00-19.00 WIB. Menurut data internal Grab sendiri, pesanan GrabFood juga mengalami peningkatan yang signifikan sebelum sahur, yaitu lebih dari 200% di antara jam 1:00-4:00 WIB.
Melinda Savitri selaku Country Marketing Head Grab Indonesia dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa adalah baik bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan jam-jam tersebut untuk beriklan. Iklan yang menarik akan membuka peluang yang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Data Grab lainnya menunjukkan bahwa pengguna layanan GrabFood di Asia Tenggara – termasuk Indonesia – rata-rata membutuhkan 17 menit untuk mengeksplor katalog restoran di GrabFood sebelum memesan makanan. Karena itu, iklan penelusuran akan sangat berfungsi pada jam-jam sibuk di bulan puasa.
2. Iklan terkait preferensi konsumen
Terkait preferensi konsumen, Melinda pun menyarankan para UMKM untuk menghadirkan paket menu yang dapat dinikmati setidaknya lima orang atau lebih. Hal ini terkait dengan moment berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Memanfaatkan momentum ini, jelas akan berdampak pada jumlah penjualan selama bulan puasa. Karena itu pembuatan iklan yang mencerminkan preferensi konsumen selama bulan puasa akan sangat bermanfaat.
Kembali data Grab, berikut beberapa menu favorit konsumen di Indonesia selama bulan puasa ini: Nasi Rendang dan Nasi Goreng ditambah hidangan penutup yang manis, seperti es krim, brownies, dan donat. Setidaknya tercatat lebih dari 500 pesanan makanan manis setiap jamnya ketika bulan puasa telah berlangsung.
Karena itu Melinda menganjurkan para pelaku UMKM kuliner untuk membuat iklan dengan menu dan porsi keluarga yang mencakup hidangan manis.
3. Ingatlah pelanggan lama
Salah satu yang ditekankan oleh Melinda bahwa beriklan bukanlah hanya untuk menjangkau pelanggan baru. Sebab pada kenyataannya, pelanggan lama akan terus mencari menu yang terbaik untuk menjadi pembanding terhadap restoran favorit mereka. dalam hal ini Melinda juga menyatakan supaya pelaku UMKM kuliner dapat memastikan bahwa iklan yang dibuat mereka juga akan menjangkau konsumen yang sudah mengenal restoran tersebut.
4. Beriklan hingga Hari Raya Idul Fitri.
Berdasarkan data GrabAds, iklan yang bertahan selama 4 minggu atau lebih memiliki performa 15% lebih baik secara rata-rata. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa konsumen pada kenyataannya menjadi lebih aktif di GrabFood pada momen perayaan hari besar.
Pada minggu terakhir bulan puasa, Grab mencatat bahwa pesanan pada GrabFood meningkat sebanyak 20% GrabFood dibandingkan minggu pertama.
Data menarik lainnya, konsumen Grab di Indonesia ternyata membuat pesanan yang lebih banyak saat menjelang Idulfitri, dengan rata-rata peningkatan keranjang belanja untuk minuman sebesar 29%, camilan atau snack bertambah sebesar 20%, dan ayam goreng meningkat hingga 23% di minggu keempat bulan puasa dibandingkan dengan minggu pertama.
Dengan adanya kisi-kisi dari GrabAds ini, maka para pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan tren-tren tersebut dengan beriklan dapat menggunakan fitur GrabAds Ad Manager. Hal ini memungkinkan para merchant untuk membuat iklan penelusuran dan iklan gambar saat mempromosikan bisnis mereka di GrabFood.
Melalui Ad Manager, pelaku merchant kuliner dapat membuat iklan yang muncul dalam mesin pencarian GrabFood dan iklan bergambar yang muncul pada halaman awal GrabFood. Fitur ini tentu akan meningkatkan visibilitas dan penjualan restoran selain dapat membantu merchant untuk memantau dan mengukur hasil dari iklan yang dijalankan. Ad Manager juga dapat mendukung aktivitas promosional lainnya seperti promo yang ditawarkan Grab Marketing Services (GMS).