(Business Lounge Journal – News and Insight)
Google search report tahun 2021, search ‘cara mencuci tangan yang benar’ meningkat hingga 650% menjaga kesehatan meningkat hingga 160%, diikuti dengan peningkatan kebersihan, menghabiskan waktu bersama rumah tangga, dan pola makan sehat. Aktivitas yang lebih banyak dilakukan masyarakat selama pandemi juga adalah belanja online, 35% masyarakat membeli produk mereka secara online (versus 21% in 2019).
Pandemi pasti mempengaruhi cara konsumen melihat bagaimana tindakan mereka dapat menentukan kesehatan seumur hidup mereka. Dari pilihan makanan dan minuman, gaya hidup yang lebih berkelanjutan, hingga pengelolaan sampah rumah tangga. Beberapa perusahaan seperti Nestlé, Danone, Garudafood melihat peluang untuk mendorong kebiasaan yang lebih sehat di masyarakat untuk Indonesia yang lebih sehat.
Nestlé perusahaan makanan minuman terbesar di dunia tahun 2021, tetap berkomitmen untuk bekerja untuk membangun Indonesia. Nestlé menambah investasinya sebesar USD 220 Juta. Nestlé sudah melakukan investasi sejak tahun 1971 dan terus berinvestasi di Indonesia. Nestlé mengembangkan bahan baku dalam negeri. Investasi 2019 investasi Nestlé USD 100 Juta, sudah peningkatan kapasitas di 3 pabrik sebesar 25%. Nestlé dalam proses investasi pada tahun 2021 kembali berinvestasi dengan perluasan kapasitas 3 pabrik, dan membangun pabrik baru Bandaraya, Jawa Tengah.
Pandemi tidak menghalangi mereka untuk membangun di Indonesia. Usianya sudah 50 tahun di Indonesia, tujuannya menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang. Tantangan COVID-19 bagi Nestlé adalah pabrik tetap beroperasi dengan 100%. Menjaga kualitas, keamanan dan kualitas produk berdasarkan good manufacturing practice.
However, Consumers still Faces Various Challenges
Danone melihat selain pandemi, masyarakat masih berhadapan dengan beberapa tantangan kesehatan. Stunting, anemia, kekurangan zat besi, dan penyakit tidak menular terjadi pada masyarakat di semua tahap kehidupan mulai dari: wanita hamil, anak-anak, remaja, pra senior dan senior. Peningkatan kekurangan asupan air, Perubahan perilaku dari ekonomi linier (take-make-use-dispose) menjadi ekonomi sirkular. Danone melakukan beberapa usaha untuk ikut terlibat pada apa yang dihadapi masyarakat. Akses ke nutrisi dan hidrasi sebagai sektor penting & kritis, terus beroperasi untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dan nutrisi masyarakat, sambil memprioritaskan kesehatan karyawan perusahaan.Inovasi yang memenuhi kebutuhan lokal, mereka berkomitmen untuk menawarkan produk nutrisi & hidrasi yang dapat memenuhi kebutuhan lokal. Beberapa inovasi terbaru kami adalah SGM Eksplor Pro-gress MAx dengan IronC, Bebelac Gold, Nutrilon Royal Prosyneo, Fortifit, dan Mizone dengan Vit B. Bantuan untuk orang tua, mereka menyediakan platform bagi orang tua untuk belajar dan berkonsultasi dari para ahli, berbagi pengalaman dan tips satu sama lain melalui platform virtual. Akses kesehatan lebih mudah, mereka mengembangkan kehadiran online untuk membangun aksesibilitas yang lebih mudah di seluruh nusantara juga dengan memanfaatkan proses berbasis data untuk memahami perjalanan konsumen. Menggunakan kemasan yang recycle dan mempromosikan ekonomi sirkular, mungkin tidak berkaitan langsung dengan pandemi namun ekonomi sirkular membuat masyarakat memiliki perilaku yang berubah.
Apa yang dilakukan Danone juga memperkuat kebutuhan karyawan secara internal. Membangun Fasilitas Boiler Biomassa Pertama di Jawa Tengah Melalui pabrik Sarihusada di Prambanan, Danone Indonesia membangun fasilitas boiler biomassa untuk melawan dampak perubahan iklim. Target untuk membangun Solar Power Plant Rooftops di 17 Pabrik Danone-AQUA pada tahun 2023 yang dapat menghindari 16.633 ton CO2/tahun. Menambah 20 negara tujuan ekspor, dari 8 negara di tahun 2018, mulai dari negara ASEAN, Oceania, Timur Tengah, Afrika, dan lain-lain.
Pandemi COVID-19 telah menjadi tantangan bagi semua orang di seluruh dunia. Dalam situasi sulit ini, Danone berkomitmen untuk mendukung semua negara di mana mereka ada, termasuk Indonesia. Bergandengan tangan, kita bisa bertarung lebih kuat dan bertahan bersama. Oleh karena itu, Danone Indonesia berkomitmen untuk mendukung perlindungan pemerintah Indonesia, masyarakat, dan karyawan mereka sendiri.
Garudafood memiliki 5 pabrik di Pati, Rancaengkek, Gresik, Cikarang, dengan jalur distribusi terdiri dari 130 depo dan sekitar 340.000 pelanggan aktif, Garudafood juga mengekspor produknya ke lebih dari 20 negara di seluruh dunia. Garudafood selama pandemi tetap konsisten berproduksi bagi masyarakat dengan memiliki strategi dalam industri Pangan yaitu win and sustainable baik dalam negeri maupun mancanegara. Garudafood memiliki tiga strategi besar yaitu: memenangkan hati konsumen dengan membangun 3 KSF: Best Value, Best Brand, dan Best Network. Melakukan open collaboration untuk menaikkan daya saing dan menciptakan inovasi. Membutuhkan dukungan dari pemerintah, civitas academika dan banyak pihak untuk membangun inovasi dan end to end proses.