Populernya “The Sneezing Baby Panda”, Hingga Kini Capai 200 Juta Viewers di YouTube

(Business Lounge – Global News) – Anda suka hewan panda? Sebenarnya belum lengkap jika belum menyaksikan video YouTube “The Sneezing Baby Panda”. Video yang sudah ada dari beberapa tahun ini, memang begitu tenar, bahkan hingga kini, hitsnya bisa mencapai 200 juta lebih. Jumlah yang sangat luar biasa, bukan?

“The Sneezing Baby Panda” sendiri, bukanlah video dengan durasi yang panjang. Video tersebut hanya 16 detik, dan konten video tersebut pun sangatlah sederhana, yaitu memperlihatkan bayi panda yang sedang bersin, dan induk panda yang ada di dekatnya terkejut. Jika Anda belum melihatnya, mungkin Anda tidak mengerti dari mana menariknya video tersebut. Tetapi, jika Anda melihatnya, maka Anda akan tahu, betapa lucunya reaksi dari hewan panda tersebut.

Panda, yang merupakan hewan langka dari Tiongkok, memang merupakan hewan yang disenangi banyak orang. Tingkahnya yang menarik, dan juga bentuk wajahnya yang menggemaskan, pastinya menjadi hal yang disukai. Karena kelucuan hewan panda, memang banyak video yang beredar di YouTube yang menampilkan panda dengan berbagai tingkah mereka. Tetapi, apa yang membuat video “The Sneezing Baby Panda” ini unik dibandingkan video tentang panda lainnya?

Sebenarnya, keunikannya adalah dari cara kameraman mengambil tingkah laku hewan panda, yang bukan hanya lucu, tetapi jarang ditemukan pada umumnya. Lihatlah ketika bayi panda tersebut bersin, siapa yang sangka suaranya begitu keras, dan lihat saja ketika ibunya terkejut, benar-benar suatu reaksi yang belum tentu ditemukan pada video panda manapun. Dalam hal ini, sederhana saja, kameraman mengerti unique value proposition dari video yang diambilnya, yaitu tingkah laku hewan panda, yang tidak mainstream, dan langka untuk ditemukan. Itulah alasan mengapa video “The Sneezing Baby Panda” memiliki hits yang tinggi, dan hingga kini masih menarik untuk dilihat.

Ya, sesuatu yang memiliki unique value proposition, pastinya tak lekang oleh waktu, dan pelajaran itulah, yang tentunya juga bisa kita terapkan ketika akan menciptakan suatu produk maupun jasa. Video ini, hanyalah suatu pembelajaran sederhana tentang pentingnya unique value proposition. Tetapi pada kenyataannya, memang tak dapat dipungkiri, bahwa rahasia bertahannya suatu produk atau jasa untuk waktu yang lama, memang tak akan pernah lepas dari unique value proposition yang dimilikinya.

 

Fanny Sue/ Journalist/VMN/BL
Images : Youtube
Editor : Fanya Jodie

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x