Yahoo dan Google Jalin Kerjasama Tampilkan Hasil Pencarian Google

(Business Lounge – Global News) Yahoo telah merilis hasil pendapatan kuartal ketiganya pada Selasa (20/10). Bersamaan dengan itu pula, Yahoo merincikan adanya kesepakatan pencarian yang baru dengan Google. Menurut ketentuan pengaturan yang telah efektif pada 1 Oktober lalu dan akan berlangsung hingga akhir 2018, Google akan melengkapi Yahoo dengan iklan pencarian, pencarian algoritmik, dan layanan pencarian gambar untuk kedua desktop dan mobile. Juga menurut aturan yang berlaku, Yahoo juga akan dapat memutuskan instruksi pencarian yang mana untuk dikirim ke Google dan tidak perlu memenuhi persyaratan minimum query.

“Pada bulan Oktober, Perusahaan mencapai kesepakatan dengan Google yang memberikan Yahoo fleksibilitas tambahan untuk memilih di antara pemasok hasil pencarian dan iklan,” demikian dituliskan Yahoo dalam rilis pendapatannya pada Selasa (20/10). “Pemberian Google melengkapi layanan pencarian yang disediakan oleh Microsoft, yang tetap menjadi mitra yang kuat, serta teknologi pencarian Yahoo sendiri dan produk iklan.”

Yahoo sedang mencoba untuk menekan lebih banyak pengeluaran dari mesin pencari, tetapi tidak memiliki teknologi untuk mengelola permintaan dengan lebih baik dan penayangan iklan yang lebih memadai. Dengan bermitra dengan Google, mesin pencari yang paling dominan di planet ini, diharapkan hal ini dapat memperoleh sepotong pendapatan dari perusahaan dengan pencarian lebih efisien dan menguntungkan dan infrastruktur iklan. Menurut comScore, jaringan pencarian Yahoo hanya membukukan 12,7 persen marketshare di AS dalam penelusuran desktop pada Agustus, sementara Google memiliki hampir 64 persen.

Kesepakatan ini dapat dikatakan serupa dengan kesepakatan Yahoo dengan Microsoft dan kesepakatan ini sama sekali tidak terancam oleh pakta Google, demikian seperti dikatakan Yahoo. Pada tahun 2010, Yahoo menandatangani kesepakatan 10 tahun dengan Microsoft untuk membantu kekuatan mesin pencari itu dalam pertukaran untuk memberikan perusahaan pembuat Windows itu pengurangan satu digit dari pendapatan iklan pencarian. Yahoo memerlukan teknologi Microsoft, sementara Microsoft memerlukan jangkauan Yahoo, bila dikombinasikan dengan Bing, akan membuat produknya sendiri yang dapat bersaing lebih baik dengan Google. Kedua perusahaan melonggarkan pengaturan mereka kembali pada bulan April, menambahkan dalam klausul pemutusan yang akan membiarkan perusahaan keluar dari kesepakatan dengan pemberitahuan empat bulan sebelumnya.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :  flickr –Jurgen Appelo

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x