(Business Lounge – Business Insight) Sebuah festival online e-commerce terbesar yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari buruh nasional sedang berlangsung mulai dari tanggal 1 – 7 Mei 2015. Acara yang berjudul “MayDay Madness 2015” ini diselenggarakan dengan menggandeng 48 bisnis e-commerce lokal secara serentak untuk memberikan diskon spesial produknya hingga 95 %. Menurut penyelenggaranya, ajang ini sengaja diadakan berbarengan dengan hari buruh nasional karena memang terinspirasi oleh semangat kerja keras buruh yang tidak kenal lelah.
Bermula dari kesuksesan pelaksanaan Festival Belanja Online 2014 (FBO 2014) yang diselenggarakan pada 25 November – 5 Desember 2014 lalu, yang diikuti 28 e-commerce nasional, para pebisnis e-commerce Indonesia ingin kembali mempersembahkan penghargaan khusus kepada pelanggan setianya dengan menyediakan diskon khusus hingga 95 %.
Ke-48 E-Commerce yang bergabung dalam event ini menyediakan produk-produk terbaik dengan kategori Electronics and Lifestyle, Fashion and Grooming, Baby and Education, Sport and Hobbies, Groceries, Tools and Industrial, Travel, Plant and Flowers, selain itu ada berbagai penawaran menarik berupa voucher dalam kategori Daily Deals. Keseluruhan kategori produk tersebut disajikan dalam website itsmayday.com.
Salah satu dari 48 E-commerce yang bergabung dalam festival ini adalah Blibli.com. Situs belanja online ini menghadirkan program Flash Sale setiap hari selama 3 jam, dari pukul 11.00-14.00 terdiri dari 5 produk berbeda secara bergantian. Pada program ini, Blibli.com tetap menyediakan fasilitas pengiriman barang gratis (free shipping), dan pilihan cicilan 0 % selama 6 – 12 bulan dengan minimal transaksi sebesar 500 ribu rupiah. Selain Blibli.com, turut bergabung juga toko online Berybenka, PinkEmma, Mothercare, layanan travel online gogonesia, dan lainnya.
Hal yang menarik juga bahwa momen belanja online yang terjadi dalam acara ini, ditujukan untuk menjadi ajang edukasi bagi masyarakat yang belum pernah berbelanja online. Melalui kegiatan ini, panitia akan memperkenalkan belanja online sebagai cara belanja yang aman, efisien, dan mudah serta menyenangkan. Selain memberikan promo diskon, ke-48 E-commerce yang bergabung dalam ajang ini sepakat untuk memberikan pengalaman yang berbeda saat berbelanja. Dengan demikian diharapkan akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang beralih ke belanja online pada masa yang akan datang.
Ada banyak faktor yang masih menjadi penghambat masyarakat Indonesia dalam berbelanja online, mulai dari faktor keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan, kurangnya infrastruktur yang mendukung, serta kualitas produk. Karena itu, langkah memberikan edukasi kepada masyarakat luas adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Untuk melakukannya, para pebisnis online harus lebih berupaya lebih keras.
Penting untuk diketahui bahwa pertumbuhan e-commerce di Indonesia sendiri dinilai cukup pesat dengan peningkatan mencapai lebih dari 45 % pada tahun 2014 lalu. Itulah sebabnya tidak heran jika semakin banyak pelaku bisnis e-commerce bermunculan di Indonesia. Tidak hanya milik lokal namun juga milik negara-negara lain.
Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana