Restoran Barbekyu Menjadi Restoran Hamburger
Sejak berdiri di Amerika Serikat pada tahun 1940 sebagai restoran barbekyu yang dioperasikan oleh Richard dan Maurice McDonald dan kemudian melakukan reorganisasi pada tahun 1948 menjadi stand hamburger dengan menggunakan prinsip lini produksi, McDonald pun bertumbuh dengan begitu cepat dan semakin menjamur sehingga menjadi jaringan terbesar di dunia restoran hamburger cepat saji, melayani sekitar 68 juta pelanggan setiap hari di 119 negara pada 35.000 outlet.
Keuntungan pun semakin mengalir, pada tahun 2012, McDonald Corporation memiliki pendapatan tahunan sebesar $ 27,5 miliar, dan keuntungan sebesar $ 5,5 miliar. Hal ini membawa McDonald menjadi kedua perusahaan swasta terbesar (di belakang Walmart) dengan 1,9 juta karyawan, 1,5 juta dari yang bekerja untuk waralaba.
Berinovasi dalam Produknya
McDonald terutama menjual hamburger, cheeseburger, ayam, kentang goreng, menu sarapan, minuman ringan, milkshake, dan makanan penutup. Menanggapi perubahan selera konsumen, perusahaan telah memperluas menu untuk menyertakan salad, ikan, membungkus, smoothie, buah, dan berpengalaman dalam kentang goreng.
Upaya Berpromosi
McDonald terus mempertahankan kampanye iklannya yang luas. Selain melalui media biasa seperti televisi, radio, dan iklan surat kabar, perusahaan memanfaatkan billboard yang cukup signifikan dan signage, mensponsori acara olahraga mulai dari Little League ke Piala Dunia dan Olimpiade FIFA, serta membuat pendingin minuman jeruk dengan logo mereka tersedia untuk acara-acara lokal. Namun, iklan televisi merupakan bentuk utama yang tetap dari iklan. Sebuah kisah kehidupan sehari-hari biasanya selalu menjadi bagian dari iklan.
McDonald telah menggunakan 23 slogan yang berbeda untuk mengiklankan di Amerika Serikat, serta beberapa slogan lain untuk beberapa negara dan wilayah. Pada saat ini, ia telah mengalami kesulitan dengan kampanye-nya.
i’m lovin’ itÂ
I’m lovin’ it merupakan kampanye merek internasional dengan McDonald Corporation. Buku itu diciptakan oleh Heye & Partner, lembaga McDonald berbasis di Unterhaching, Jerman, dekat Munich, dan anggota dari DDB Worldwide Communications Group, Inc Ini adalah kampanye iklan global pertama perusahaan dan diluncurkan di Munich, Jerman pada tanggal 2 September 2003, di bawah judul Jerman ich liebe es. Ini hanya digunakan di Jerman; di Austria, Swiss, dan Liechtenstein, slogan bahasa Inggris digunakan.
Gerak logo pada saat itu (yang menampilkan “M” yang bertambah kecil dan bersinar dan “I’m Lovin ‘it”. Ketika slogan “I’m lovin’ it” muncul maka menjadi begitu terkenal di seluruh dunia dan melibatkan banyak orang untuk menjadi bagian dari iklan tersebut.
Moment Kerjasama
– Piala Dunia FIFA, McDonald telah menjadi sponsor resmi Piala Dunia sejak Piala Dunia FIFA 1994.
– National Football League, Pada akhir tahun 2012, McDonald menandatangani kontrak multi-years untuk menjadi restoran sponsor resmi NFL.
– NASCAR, Mulai tahun 2008, McDonald disponsori # 19 NASCAR Sprint Cup Series entri Elliott Sadler untuk 6 kejadian (di AS). Seiring waktu McDonald telah mensponsori banyak mobil NASCAR termasuk mobil Bill Elliott, Jimmy Spencer, Andy Houston, Kasey Kahne, dan 2010 Daytona 500 pemenang Jamie McMurray. McDonald tidak hanya mensponsori mobil NASCAR tetapi juga mensponsori seri balap / divisi lain, termasuk mobil # 02 McDonald dari Graham Rahal di IndyCar Series.
– Jamie McMurray di Bass Pro Shops Chip Ganassi Racing # 1 Chevrolet sebagai paruh waktu / sponsor sekunder
– Bobby Hamilton, Jr # 35 mobil Busch Series
– Kasey Kahnes # 9 Dodge mobil di NEXTEL Cup Series
– Bill Elliott
-Hut Stricklin # 27 Piala Winston (sekarang Sprint Cup) mobil
– jimmy Spencer
– Andy Houston
– NBA (mitra makanan cepat saji)
– IndyCar Series, # 02 mobil graham Rahal
– Rolex Sports Car Series, Doran Enterprises # 77 Ford Dallara
uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana


