Seperti yang kita ketahui, Perancis merupakan salah satu pusat kosmetik dunia yang banyak menghasilkan kosmetik bermerk. Kosmetik asal Perancis merupakan salah satu kosmetik yang disukai dunia, karena itulah berbagai kosmetik bermerk asal Perancis juga bersaing di dunia untuk memperebutkan pelanggan dan meraih penjualan yang tinggi.
Raksasa kosmetik asal Perancis, L’oreal dikabarkan mengalami penurunan laju penjualan pada kuartal ketiga. Dan penurunan ini, merupakan yang terendah sejak tahun 2009. L’oreal dilaporkan mengalami penurunan yang cukup signifikan pada periode Juli sampai September, dimana pada periode tersebut pertumbuhan hanya 2,3%, dimana hal tersebut merupakan penurunan dari penjualan sebesar 4,1% yang berlangsung pada periode tiga bulan sebelumnya.
Adapun penurunan penjualan tersebut, dikabarkan karena lemahnya penjualan yang ada di pasar konsumen, terutama seperti yang terjadi di Eropa Barat. Pihak L’Oreal mengatakan bahwa penjualan pada periode Juli sampai September tidak berhasil mencapai ekspektasi pasar mereka, yaitu sebesar 3,6%.
Jean-Paul Agon, selaku Kepala Eksekutif mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan pertumbuhan penjualan yang lebih baik pada kuartal keempat. Penjualan yang lebih baik salah satunya mengandalkan Lancome, yang dikabarkan merupakan produk dengan penjualan yang cukup bagus pada akhir musim panas.
Menurut Jean-Paul Agon, tahun 2014 merupakan tahun yang dapat meningkatkan akan kinerja L’Oreal karena meskipun kurang baik dari sisi penjualan kosmetik, mereka dapat meningkatkan laba operasi serta laba bersih per saham.
Persaingan di antara penjualan kosmetik, memang merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh kosmetik ternama, tidak terkecuali L’Oreal adalah inovasi, karena memang kosmetik merupakan seni yang dimana inovasi merupakan hal yang paling menarik bagi pelanggan produk kosmetik pada umumnya.