Alibaba Bermitra Dengan Quixey

(Business Lounge – Business Today) – Raksasa E-commerce Alibaba kemarin mengumumkan kemitraan dengan mesin pencari untuk perusahaan aplikasi Quixey.

Ini merupakan bagian dari Alibaba dalam mengintensifkan upayanya dalam sektor pencarian mobile selama waktu pergeseran besar-besaran dari komputer desktop menuju smartphone.

Quixey yang berbasis di California di mana Alibaba sudah menginvestasikan sebesar US$ 50 juta pada tahun lalu, akan menyediakan satu-satunya mesin pencari Android yang berbasis sistem operasi smartphone Alibaba Yunos.

Alibaba telah meningkatkan upaya untuk memperluas produk dan layanannya, terutama yang berasal dari mitra di luar negeri, setelah memecahkan rekor penawaran umum perdana pada bulan lalu.

Perusahaan e-commerce ini juga membangun zona demonstrasi di Provinsi Zhejiang yang memungkinkan pengembang aplikasi, perusahaan angkutan umum dan agen-agen perjalanan untuk meningkatkan kemampuan komputasi awan, dikatakan kemarin dalam sebuah konferensi pengembang di ibukota Zhejiang di Hangzhou, di mana merupakan tempat lokasi kantor pusat Alibaba.

Alibaba telah menggabungkan teknologi deep-linking Quixey ke dalam Yunos untuk memungkinkan konsumen menemukan aplikasi dengan mencari fungsi daripada kata-kata kunci.

Alibaba meluncurkan OS mobile kembali pada tahun 2011 dan sekarang sudah berjalan pada handset yang dibuat oleh puluhan produsen smartphone dalam negeri.

Hal ini segera mengungkapkan versi baru dari Yunos, begitu juga dengan handset baru, namun para pejabat perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut kemarin.
Raksasa e-commerce Tiongkok ini telah melakukan investasi di sejumlah perusahaan di luar negeri – termasuk di ritel online, mobile messaging, logistik dan game – untuk mengangkat profilnya di pasar internasional.

Arum/Journalist/VMN-BL
Editor: Iin Caratri