Bagaimana Meminimalkan Beban untuk Mengurangi Biaya Bisnis

(Business Lounge – Mange Your Finances) Mengelola bisnis tentu saja akan mencakup berbagai tanggung jawab. Tergantung pada jenis bisnis Anda, Anda mungkin perlu untuk memperbaiki layanan pelanggan, meningkatkan iklan, mengawasi karyawan dan juga mengelola persediaan. Sementara aspek-aspek penting dari manajemen ini dapat membantu bisnis Anda berjalan lancar, perhatian Anda dalam mengelola pengeluaran juga akan membantu bisnis Anda tetap menguntungkan. Penting sekali untuk meminimalkan biaya bisnis Anda dengan menghilangkan item yang tidak perlu dan meminimalkan pengeluaran Anda. Termasuk meniadakan apa yang menjadi pemborosan utnuk dapat membantu menjaga bisnis Anda.

Langkah pertama, ambilah stok persediaan Anda. Area ini dapat menyebabkan hilangnya keuntungan bisnis anda. Pembelian produk hanya secukupnya dalam stok untuk dijual dalam waktu dekat. Hindari pemborosan yang tidak perlu dengan memindahkan produk yang lama ke arah depan dan menempatkan persediaan baru di belakangnya. Periksa persediaan sesering mungkin untuk menentukan item yang perlu dipesan. Turunkan harga untuk barang yang lebih lama supaya mendorong pelanggan untuk membelinya. Mulailah dengan menandainya dengan jumlah yang minimal, menawarkan penurunan awal 10 persen kemudian menjadi 15 persen. Jika masih belum terjual, kurangi lagi harganya  untuk menghapus item ini dari rak Anda.

Langkah kedua, hubungi sumber iklan Anda. Banyak perusahaan yang menemukan bahwa biaya iklan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Tanyakan sumber iklan Anda tentang penawaran paket yang dapat membantu Anda mengurangi biaya iklan, tetapi masih menyediakan bisnis Anda eksposur yang penting. Pilih paket yang termasuk bisa beriklan di tempat khusus atau dalam liburan highlights.

Langkah ketiga, hubungi individu atau bisnis rumahan yang dapat memberikan pelayanan yang sama dengan perusahaan-perusahaan profesional. Alihkan sebagian kecil dari pengembangan dan distribusi dari materi promosi, seperti news release atau pengembangan brosur ke pihak yang lebih murah. Cobalah beberapa individu yang berbeda untuk menentukan siapa yang dapat memberikan hasil terbaik. Setelah Anda puas dengan sampel kerjanya, outsourcingkan sisa materi promosi ke kontak baru Anda.

Langkah keempat, menindaklanjuti pelanggan  Anda yang mengalami kesulitan pembayaran. Bisnis ritel dan jasa seringkali kehilangan sejumlah besar uang yang terkait dengan piutang pelanggan. Tawarkan kredit hanya kepada pelanggan yang tetap memiliki performance yang baik. Kurangilah masalah cash flow ini dengan mengharuskan pelanggan kredit untuk membayar tagihan mereka sebelum tanggal jatuh tempo. Menawarkan diskon insentif yang kecil untuk pelanggan yang membayar tepat waktu, sambil menetapkan pinalti/denda untuk pembayaran yang melewati tanggal jatuh tempo Anda. Tolaklah kredit kepada perusahaan atau perorangan yang terus menerus terlambat lakukan pembayaran.

iin3Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x