Merek Mobil Yang Disukai dan Dibenci Oleh Konsumen di Amerika Serikat

(Business Lounge – Business Today)  Di Amerika Serikat ada indeks yang mengukur kepuasan pelanggan akan merek mobil apa yang paling digemari atau  merek mobil mana yang paling dibenci. Untuk membuat indeks ini dilakukan survey ke hampir 5000 konsumen yang dipilih secara acak.  Dan dari survey tersebut, Mercedes merupakan mobil yang sangat dicintai konsumennya dibandingkan merek   Acura atau Dodge yang kurang memuja terhadap mobil kepunyaannya.

Sebuah survei yang dirilis oleh American Customer Satisfaction Index mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan  baik dengan mobil domestik dan asing mencapai tingkat  lima tahun terendah tahun ini. Surveyor tersebut mengukur indeks kepuasan pelanggan  jatuh 1,2% dari tahun lalu menjadi skor 82 dari 100.

Dalam survey mereka  kepuasan terhadap  80% dari 21 merek mobil yang diukur turun dibandingkan dengan tahun lalu (Acura 7267, turun dari -0.21% ke  -7%, Cadillac GM, dari -0.40% ke  -6%), sedangkan tingkat kepuasan naik hanya 10% dari  mobil yang diukur  termasuk Chevrolet dan Buick.

Menurut lembaga survey ini seperti yang dilansir di Market Watch, penurunan yang cukup signifikan tingkat kepuasaan pelanggan tersebut dikarenakan berkurangnya fasilitas dan benefit  yang diterima konsumen sejak krisis ekonomi tahun 2009 lalu. Akibatnya para konsumen kurang puas dengan pembelian mobil mereka karena mereka tidak mendapatkan banyak fasilitas dan insentif saat membeli mobil. Selain itu aksi penarikan kembali jutaan mobil akibat kerusakan sangat memperburuk industri otomotif dan membuat konsumen kurang puas dengan industri otomotif tersebut.

Seperti yang disampaikan diatas, pembuat mobil yang paling digemari antara lain Mercedes-Benz  yang masih berada di Nomor 1 sejak tahun lalu, meskipun terjadi penurunan 2% pada kepuasan pelanggan, lalu disusul dengan merek  Subaru 7270. Kepuasan didominasi merek  Mercedes-Benz karena mobil-mobil mewah memiliki  kualitas yang unggul dan layanan yang khusus.

Sedangkan merek Subaru dan Volkswagen,  meskipun mobil tidak mewah  dan  cenderung memiliki pangsa pasar lebih kecil dari banyak merek besar di Amerika namun mendapatkan  peringkat dalam kepuasan pelanggan, dan dari hasil survey ditemukan para pengemudi merek mobil tersebut menyamakan mobil tersebut seperti gadget merek Apple yang memiliki banyak keunggulan. Berikut peringkat lainnya;

Dan dari survey tersebut juga di nilai merek mobil yang paling tidak favorit oleh konsumennya yaitu  Acura yang memiliki penurunan cukup jauh -7% meskipun tahun lalu merek mobil ini masuk dalam ktriteria mobil yang memuaskan pelanggannya.  Hal ini terjadi karena konsumen tidak menemukan yang diingini sama seperti yang dimiliki mobil mewah lainnya. Setelah Acura diikuti oleh  Chrysler Dodge  yang mengalami penurunan 1% dalam layanan pelanggan lebih dari satu tahun sebelumnya, dan kemudian diikuti oleh  Jeep dan Audi. Merek mobil yang masuk dalam kriteria tidak favorit ini dilihat dari fasilitas yang biasa dan kurang diharapkan konsumennya.

Dan akibat indeks ini banyak timbul penyedia jasa konsultansi yang membantu konsumen dalam membeli mobil yang disukainya, dan mereka memiliki situs tersendiri yang dapat membantu  konsumen  memastikan  mendapatkan mobil dengan tingkat kepuasan tersendiri.

 

Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image : wikimedia

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x