(Business Lounge – Business Today) – Saat ini aplikasi smartphone Line, di Jepang dipakai oleh puluhan juta pengguna. Total penggunanya diperkirakan saat ini berada di belakang WhatsApp dan WeChat dengan jumlah pengguna aktif per bulan ada 175 juta orang di dunia. Sedangkan WhatsApp sendiri saat ini digunakan oleh 500 juta pengguna aktif dan WeChat, yang dimiliki perusahaan Internet Cina Tencent Holdings Ltd memiliki sekitar 355 juta orang yang memakai setiap bulannya. Dibandingkan China yang hanya berjaya di China, Line digunakan oleh 85 % penggunanya bukan di Jepang, yaitu Indonesia, Taiwan dan Thailand.
Para pengguna Line memiliki kelebihan, mereka dapat menggabungkan pesan singkat dengan emotikon lucu, seperti karakter Moon, yang selalu senyum dengan pipi merah muda. Ketika Line diperkenalkan di Brasil, maka diganti karakternya menjadi sosok yang kekar dan berbicara bahasa gaul.
Namun saat Line tiba di Brasil tahun lalu, pengguna di negara itu tidak terlalu antusias menyambut Moon. Line pun sigap mengubahnya menjadi lebih macho. Senyum Moon dihilangkan, sosoknya semakin kekar, dan ia juga dapat bicara bahasa “gaul” setempat melalui gambar kartunnya. Dengan berbagai karakter yang bisa ditampilkan ini, Line semakin populer.
Tiga aplikasi pesan singkat ini yaitu Line, WhatsApp (Amerika Serikat) dan WeChat (Cina) saat ini sangat populer dan banyak digunakan oleh ratusan juta orang yang memakai smartphone di dunia. Ketiga aplkasi pesan singkat ini menawarkan pesan teks gratis melalui internet untuk para pengguna ponsel. Hal ini sangat membuat para raksasa internet tertarik, salah satunya adalah Facebook yang sudah membeli WhatsApp dengan harga $19 miliar pada Februari lalu.
Para perusahaan internet ini melihat peluang dari aplikasi ini sebagai langkah untuk menjangkau sekitar 1,5 miliar pemakai smartphone di seluruh dunia. Takeshi Idezawa, presiden operasional (COO) Line Corp mengatakan bahwa dia melihat Line sebagai portal ke smartphpne. Selain itu dia hendak mempriotaskan negara Amerika Serikat untuk jangkauan berikutnya dari Line.
Untuk negara di luar Asia, saat ini Line sudah berkembang ke Spanyol. Line sudah menandatangani kerja sama pemasaran dengan Barcelona dan Real Madrid, dua klub sepak bola terbesar di Spanyol. Line menawarkan emoticon yang mengamil karakter anggota tim sepakbola tersebut. Ada 16 juta pengguna Line yang saat ini terdaftar di Spanyol
Untuk Amerika Latin Line mengatakan saat ini sudah memiliki 10 juta pengguna Line di Meksiko. Sehingga bulan lalu iklan Line mulai disiarkan di jaringan Univision, TV di AS di Telemundo. Line sedang siapkan untuk siarkan iklan di AS dengan jangkauan yang lebih luas lagi, demikian disampaikan pejabat Line.
Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: wikipedia.org