(Business Lounge – Sales & Marketing) – Apakah target dari suatu pemasaran? Mengapa strategi pemasaran merupakan aspek penting dari pemasaran? Pemasaran tidak lain adalah berbagai cara untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen dan pada akhirnya konsumen membeli produk atau jasa tersebut.
Target Market
Tujuan utama dari suatu bisnis adalah untuk menghasilkan suatu keuntungan.
Pemasaran merupakan fungsi penting yang berperan penting dalam jalannya suatu bisnis. Jika suatu produk tidak dipasarkan dengan cara yang tepat, maka suatu bisnis akan gagal. Inilah sebabnya, strategi pemasaran sangat penting perannya. Sementara produk dipasarkan, suatu perusahaan harus menentukan target pasar.
Target market adalah membuat spesifikasi kepada siapa produk yang diproduksi akan kita pasarkan.
Dalam market segmentation maka pelanggan dibagi ke dalam segmen yang menggunakan 4P (Product, Price, Place dan Promosi)
Strategi pemasaran ini sangat efektif untuk meraih keuntungan yang maksimal.
Bagaimana Identifikasi Target Market ?
Target market / pasar, bukanlah seperti pemasaran massal yang membagikan satu produk untuk seluruh pasar. Tetapi merupakan. suatu pemasaran profesional dimana dilakukan identifikasi pasar yang benar sehingga suatu perusahaan akan efektif dalam membidik sasarannya sehingga akan dihasilkan profit sebanyak mungkin.
Untuk mengidentifikasi satu target pasar Anda harus melihat produk yang diproduksi dan yang akan dijual. Buatlah beberapa pertanyaan seperti : Apa guna produk ini ? Siapa saja yang membutuhkan produk ini ? Di bagian mana di kota, negara bahkan dunia ini yang membutuhkan produk ini ?, dll
Sebagai contoh sederhana : pemasaran celana jins sepinggul. Produk ini melayani generasi muda, remaja. Dengan demikian, target pasar akan didasarkan pada usia berkisar 14-25 tahun.
Atau jika kita hendak memasarkan produk khusus untuk pria, seperti krim cukur, target pasar akan dibagi berdasarkan jenis kelamin. Faktor lain yang mempengaruhi pemilihan target pasar adalah : pendapatan, pekerjaan, lokasi geografis, dll
Jika perusahaan Anda adalah menjual pendingin gurun pasir, dengan jelas target pasar Anda adalah untuk daerah yang sangat panas di dunia dan bukan daerah dingin.
Apalagi, jika Anda menjual produk mewah di negara ekonomi miskin, cukuplah jelas bahwa produk tidak akan terjual.
Dengan demikian, berdasarkan produk yang akan Anda pasarkan, maka identifikasi pasar harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum Anda akan memasarkan produk Anda.
Identifikasi Segmentasi Pasar :
Segmentasi Demografis : Segmen ini mencakup kategorisasi pelanggan berdasarkan faktor-faktor seperti umur, pendapatan, ukuran keluarga, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, ras, dll
Segmentasi Geografis : Seperti yang sudah kita baca diatas, segmentasi berdasarkan wilayah ini penting saat berhadapan dengan produk khusus seperti pendingin gurun pasir, mantel bulu, selimut, sepatu salju, jas hujan, dll. Kondisi iklim akan menentukan wilayah dari target market Anda
Segmentasi Perilaku : seperti loyalitas merek dan nilai kualitas. Sebagai contoh, beberapa perusahaan IT memasarkan produk mereka khusus untuk pelanggan yang setia kepada produk mereka. Ada pula target perusahaan tertentu yang memiliki produk dengan high quality mereka memiliki sasaran orang-orang yang menghargai kwalitas dan siap untuk membayar dengan harga mahal.
Segmentasi Psikografis: hal ini melibatkan gaya hidup dan kepribadian dari konsumen
Sangat penting untuk memanfaatkan segmen yang paling tepat / cocok untuk meraih suatu keuntungan yang maksimal.
Jadi tergantung pada tujuan, produk, anggaran perusahaan Anda, dll maka Anda dapat memilih salah satu strategi pemasaran, yang paling sesuai dan tepat.
Ini adalah suatu fakta sederhana dimana didalam suatu kehidupan tidak peduli seberapa keras kita berusaha, kita tidak bisa menyenangkan semua orang.
Jadi tidak ada produk di pasar yang sekalipun telah dikelola dengan baik dapat memuaskan semua pelanggan.
Dengan demikian, hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah fokus pada segmen tertentu atau target market tertentu, investasikan semua usaha dan dana kepada pelanggan potensial. Setelah Anda memilih target market yang paling sesuai maka penjualan dari produk Anda akan naik dengan cepat.
(Debbie Kusuma/IC/BL)
Debbie Kusuma : Praktisi Marketing dan Kontributor Folder Marketing di Businesslounge