Marketing Strategies To Increase Business Profits

(Business Lounge – Sales & Marketing) – Apakah  target dari suatu  pemasaran? Mengapa strategi pemasaran merupakan aspek  penting dari pemasaran?  Pemasaran tidak lain adalah  berbagai cara untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen dan pada akhirnya konsumen  membeli produk atau jasa tersebut.

Target Market

Tujuan utama dari suatu bisnis adalah untuk menghasilkan suatu keuntungan.

Pemasaran merupakan fungsi penting yang berperan penting dalam jalannya suatu bisnis. Jika suatu produk tidak dipasarkan dengan cara yang tepat,  maka  suatu bisnis akan gagal. Inilah sebabnya, strategi pemasaran sangat penting perannya. Sementara  produk dipasarkan, suatu perusahaan harus menentukan target pasar.

Target market  adalah membuat spesifikasi   kepada siapa produk yang diproduksi akan kita pasarkan.
Dalam market segmentation maka pelanggan dibagi ke dalam segmen yang menggunakan  4P (Product, Price, Place dan Promosi)

Strategi pemasaran ini sangat efektif untuk meraih keuntungan yang maksimal.

Bagaimana Identifikasi Target Market ?

Target market / pasar,  bukanlah  seperti pemasaran massal yang  membagikan satu produk untuk seluruh pasar.  Tetapi merupakan. suatu pemasaran profesional dimana  dilakukan identifikasi  pasar yang benar sehingga suatu perusahaan akan efektif dalam membidik sasarannya sehingga akan dihasilkan  profit sebanyak mungkin.

Untuk mengidentifikasi satu target pasar Anda harus melihat produk yang diproduksi dan yang akan dijual. Buatlah  beberapa pertanyaan seperti : Apa guna produk ini ? Siapa saja yang membutuhkan produk ini ?  Di bagian mana di kota, negara bahkan dunia ini yang membutuhkan produk ini ?, dll

Sebagai contoh sederhana : pemasaran celana jins sepinggul. Produk ini melayani  generasi muda,  remaja. Dengan demikian, target pasar akan didasarkan pada usia berkisar 14-25 tahun.

Atau  jika kita  hendak memasarkan  produk khusus untuk pria, seperti krim cukur, target pasar akan dibagi berdasarkan jenis kelamin. Faktor lain yang mempengaruhi pemilihan target pasar adalah : pendapatan, pekerjaan, lokasi geografis, dll

Jika perusahaan Anda adalah menjual pendingin gurun pasir, dengan jelas target pasar Anda adalah untuk daerah yang sangat panas di dunia dan bukan daerah dingin.

Apalagi, jika Anda menjual produk mewah di negara ekonomi miskin, cukuplah jelas bahwa produk tidak akan terjual.

Dengan demikian, berdasarkan produk yang akan Anda pasarkan, maka identifikasi  pasar harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum Anda akan memasarkan  produk Anda.

Identifikasi Segmentasi Pasar  :

Segmentasi Demografis : Segmen ini mencakup kategorisasi pelanggan berdasarkan faktor-faktor seperti umur, pendapatan, ukuran keluarga, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, ras, dll

Segmentasi Geografis : Seperti yang sudah kita baca diatas, segmentasi berdasarkan wilayah ini penting saat berhadapan dengan produk khusus seperti pendingin gurun pasir, mantel bulu, selimut, sepatu salju, jas hujan, dll.  Kondisi iklim akan menentukan wilayah dari target market Anda

Segmentasi Perilaku :  seperti loyalitas merek dan nilai kualitas. Sebagai contoh, beberapa perusahaan IT memasarkan produk mereka khusus untuk pelanggan yang setia kepada produk mereka. Ada pula  target perusahaan tertentu yang memiliki produk dengan high quality mereka memiliki sasaran  orang-orang yang menghargai kwalitas  dan siap  untuk membayar dengan harga mahal.

Segmentasi Psikografis:  hal ini  melibatkan  gaya hidup dan kepribadian dari konsumen

Sangat penting untuk memanfaatkan segmen yang paling tepat / cocok  untuk meraih suatu keuntungan yang maksimal.

Jadi tergantung pada tujuan, produk, anggaran perusahaan Anda, dll maka Anda  dapat memilih salah satu strategi  pemasaran, yang paling sesuai dan tepat.

Ini adalah suatu fakta sederhana dimana  didalam suatu  kehidupan  tidak peduli seberapa keras kita berusaha, kita tidak bisa menyenangkan semua orang.
Jadi tidak ada produk di pasar yang sekalipun  telah dikelola dengan baik  dapat memuaskan semua pelanggan.

Dengan demikian, hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah  fokus pada segmen tertentu atau target market tertentu, investasikan  semua usaha dan dana kepada pelanggan potensial. Setelah Anda memilih target market yang paling sesuai maka  penjualan dari produk Anda akan naik  dengan cepat.

(Debbie Kusuma/IC/BL)

Debbie Kusuma : Praktisi Marketing dan Kontributor Folder Marketing di Businesslounge

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x