(Business Lounge – Business Today) – Menurut survei terhadap sentimen konsumen global oleh periset Nielsen yang dirilis Rabu kemarin, konsumen di sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat menjadi lebih optimistis soal masa depannya pada kuartal III tahun ini. Sementara itu konsumen di India, Indonesia, Thailand, dan Filipina menjadi kurang positif. Tingkat keyakinan konsumen di Cina tidak berubah.
Terlihat bahwa optimisme konsumen di negara berkembang menurun sementara konsumen negara maju justru semakin optimistis. Secara keseluruhan, tingkat keyakinan konsumen tidak berubah, indikasi bahwa pemulihan ekonomi global mungkin tidak akan menguat secara drastis selama beberapa bulan ke depan.
Perubahan tingkat keyakinan ini juga menunjukkan pergeseran keseimbangan ekonomi global. Banyak negara maju kini mencatat pertumbuhan, meski tidak besar, sementara pertumbuhan ekonomi negara berkembang malah melamban.
“Mengingat ukuran dan skala negara-negara ini, sangat melegakan melihat kepercayaan diri konsumen meningkat di Amerika Serikat dan Eropa Barat,” ujar Venkatesh Bala, kepala ekonom The Cambridge Group, unit Nielsen. “Namun kita tetap harus memperhitungkan penyusutan ekonomi negara berkembang dalam perspektif yang lebih luas. Meski tingkat optimisme India sudah jauh menurun dari puncaknya tiga tahun lalu, India masih menjadi salah satu negara paling optimistis di dunia, dan ini berdampak besar bagi Asia.”
Portugal menjadi negara dengan perubahan tingkat keyakinan konsumen terbesar antara kuartal II dan III. Portugal adalah satu dari lima negara zona euro yang terpaksa meminta dana talangan dari sesama negara anggota zona euro lainnya. Meski demikian, indeks keyakinan konsumennya meningkat dari 23 di kuartal II menjadi 55 di kuartal III. Namun angka ini masih di bawah 100, patokan Nielsen untuk membedakan negara optimis dan pesimis.
Berdasarkan survei terhadap 30.000 konsumen di 60 negara, Indonesia masih menjadi negara dengan konsumen paling optimistis, sementara Hungaria menjadi negara paling pesimistis.
(ic/ic/bl-wsj)
Foto : mainefarmersmarkets.org