“Kita harus punya identitas sebagai bangsa,” pungkas Martha Tilaar, Founder and Chairwoman Martha Tilaar Group saat membagikan pandangannya bagaimana seharusnya para pelaku bisnis maupun pengusaha di Tanah Air dalam memperkenalkan produk dalam negeri di mata dunia.
Menurut pengusaha wanita kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, 4 September 1937 tersebut, mindset orang Indonesia selalu apa yang berasal dari barat adalah yang terbaik dan itulah yang membuat dirinya justru memiliki pola pandang yang jauh berbeda dengan yang lainnya.
“Sekitar 43 tahun yang lalu jadilah saya sebagai ‘pemberontak’ karena kita harus bangga dengan kebudayaan, kearifan, dan juga kekayaan alam Indonesia,” ungkapnya dengan bijak.
Martha menjelaskan, suatu kebanggaannya dapat memperkenalkan produk kosmetik kecantikan dalam negeri kepada para kontestan Miss World 2013 yang terdiri dari 129 negara dan berlangsung di Bali beberapa waktu yang lalu.
“Saya yakin bahwa local wisdom can go global. Kalau sama produknya there is nothing tapi kalau local wisdom can go global it’s unique,” tambah pengusaha kenamaan Indonesia yang bergerak di bidang kosmetika dan jamu dengan nama dagang Sariayu ini.
Berikut adalah pandangan selengkapnya Martha Tilaar yang terangkum dalam program ‘Tea Break-Business Ideas’ sebagai berikut :
(Nemi/RL/BL)

