(Business Lounge – Business Today) – Samsung Electronics hari ini kembali memperoleh kabar baik dimana Samsung tercatat merupakan brand paling populer untuk tahun ini di Asia berdasarkan hasil survey yang dikeluarkan oleh Campaign Asia-Pasific dan Nielsen. Samsung berhasil menduduki posisi pertama dari 1000 brand yang disurvey oleh dua lembaga tersebut. Dari dunia teknologi telekomunikasi, Samsung berhasil mengalahkan pesaing terberatnya yaitu Apple yang menduduki posisi kedua.
Terpilihnya Samsung sebagai brand paling populer tidak terlepas dari besarnya pangsa pasar yang terbesar di mayoritas negara-negara maju dan berkembang dikawasan Asia seperti China, India, Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Sedangkan Apple hanya menguasai pangsa pasar Jepang dan juga Australia. Setelah Samsung dan Apple, peringkat selanjutnya sebagai brand paling populer ditempati oleh Sony, Panasonic dan Nestle.
Terpilihnya Samsung sebagai brand paling populer tidak terlepas dari perjuangan perusahaan terbesar di Korea Selatan tersebut dalam menciptakan loyalitas terhadap konsumennya dalam melahirkan inovasi-inovasi baru didalam dunia telepon seluler sampai dengan saat ini. Dengan penguasaan pangsa pasar di bidang tersebut, maka popularitas terhadap sebuah produk dapat terbentuk mengingat ponsel merupakan produk yang dapat digunakan kapan pun dan bersifat mobile.
Perkembangan yang pesat dapat terlihat dimana tahun lalu dalam survey yang sama Samsung menempati posisi kelima. Dan ditahun 2004 sempat berada di posisi 17. Majunya perkembangan dari segi brand Samsung juga tidak terlepas dari dampak melesunya “raksasa-raksasa” Jepang yang sempat merajai industri elektronik dan juga dunia teknologi dunia seperti Sony dan Sharp.
(JP/IC/BL-VBN)