(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Kampanye pemasaran yang sukses sanggup meninggalkan legalitas dan mencetak sebuah merek produk di hati dan pikiran konsumen. Disini akan dibahas tentang berbagai hal penting dari sebuah kampanye pemasaran yang sukses
Untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye pemasaran maka diperlukan strategi pemasaran yang jenius dari ahli periklanan. Selanjutnya perlu untuk merancang sebuah kampanye pemasaran untuk membangun identitas produk dan akhirnya membuat sebuah merek. Untuk mengubah produk menjadi merek, maka peran dari kampanye pemasaran yang sukses adalah sangat penting. Seperti ikon Apple melakukan kampanye periklanannya “Get a Mac” atau peluncuran iPhone, ini merupakan salah satu kampanye pemasaran yang paling sukses yang pernah ada. Juga sepatu Nike “Just Do” atau “Think Small ” Volkswagen. Strategi pemasaran yang sukses membuat produk berdiri di kelas elit sebagai produk legendaris dan akan selalu diingat selama beberapa dekade. Untuk memperoleh kampanye pemasaran yang sukses, tim pemasaran harus ber fokus pada beberapa parameter penting
Unsur-unsur Sukses dari Marketing Campaign
Sebuah pemasaran merupakan fakta penting yang harus disadari oleh setiap perusahaan. Jika setiap perusahaan yang saat ini terdapat persaingan yang sangat kompetitif menyadari tentang hal itu maka kompetisi yang ada akan menjadi semakin intens dan menantang. Kampanye pemasaran yang sukses dan teknik pemasaran yang sukses membuat perbedaan bagi setiap perusahaan. Unsur-unsur utama dari kampanye pemasaran yang sukses adalah sebagai berikut.
1. Hit the Bull’s Eye
Ciri dari setiap kampanye pemasaran yang sukses adalah untuk menciptakan ceruk pasar, target audience yang harus dicapai melalui marketing tools yang efektif.
Dalam kampanye Anda, Anda harus sudah dapat memastikan bahwa Anda bisa mempengaruhi para pelanggan Anda dari target audience yang ada. Juga Anda sudah melakukan riset pasar yang luas. Jangan sampai Anda mengabaikan parameter penting ini supaya peluncurkan / launching produk Anda berhasil.
Melalui riset pemasaran, tim pemasaran mengumpulkan data, memahami psikologi dan keinginan konsumen yang merupakan bagian yang terpenting untuk meraih omzet yang besar. Penting untuk memiliki penelitian / riset pemasaran sehingga dapat membentuk dasar dari kampanye pemasaran . Selain itu riset pemasaran juga membantu perusahaan untuk memaksimalkan penjualan, mencetak keuntungan dan berkembang di pasar.
2. Divide and Conquer
Perusahaan Anda harus memperhatikan pola sosial, ekonomi dan geografis suatu daerah karena hal itu akan berdampak signifikan pada kemampuan konsumen membeli sebuah produk. Pemasaran pada saat ini memiliki spektrum yang luas dan homogen. Hanya memiliki satu strategi tidak akan berhasil untuk tingkat pendapatan keluarga bervariasi, usia, jenis kelamin dan gaya hidup. Di sinilah pentingnya strategi bauran pemasaran yang harus Anda gunakan. Empat P dari pemasaran. Product, Price, Place and Promotion, Produk, Harga, Tempat dan Promosi membentuk empat dimensi strategi bauran pemasaran.
3. Right Timing is Critical
Memasuki pasar pada waktu yang tepat dan dengan strategi yang terencana dengan baik sangat penting. Hal ini membuat Anda wajib untuk memiliki rencana pemasaran yang terdokumentasi dengan baik setiap kali Anda akan memasuki pasar. Peluncuran produk Anda harus dengan gaya yang menarik perhatian konsumen. Semakin kreatif Anda dalam menggunakan metode promosi pemasaran, semakin lebih lagi Anda memiliki peluang untuk sukses. Selain itu Anda harus memiliki inovasi-inovasi dan ide-ide promosi pemasaran Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk memenuhi tujuan Anda untuk membuat pelanggan Anda mengetahui tentang produk Anda dan kualitas produk Anda
The Most Successful Marketing Campaigns and How They Came to Be
Tujuan dari semua marketing campaign adalah menjual produk dan membuat iklan mereka melekat di dalam pikiran konsumen. Berikut adalah beberapa contoh marketing campaign yang berhasil
1. Clairol “Does She, or Doesn’t She”
Shirley Polykoff, merupakan bintang iklan Clairol yang legendaris. Dia memposisikan dirinya dari awal sebagai dinamo dalam sale dan iklan product Clairol
Walau pada awal kampanyenya dia ditolak oleh majalah Life karena dianggap “terlalu sugestif.” Tetapi dia dapat mengubahnya dan membuat image seorang gadis manis adalah yang memiliki rambut berwarna
Sebagai hasil dari kampanye ini, maka hair coloring / pewarna rambut Clairol meledak dipasaran secara luarbiasa di era tahun ’50-an. Pendapatan perusahaan meledak hingga 800 persen, dari $ 25 juta per tahun menjadi $ 200 juta. Clairol sanggup mendominasi pasar pewarnaan rambut, bahkan sampai saat ini.
2. Nike “Just Do It”
Wieden & Kennedy
Diakhir tahun 1970 dan awal 1980, pakaian olahraga Reebok dijual jauh lebih baik dan memiliki pangsa pasar yang sangat baik. Samua ini karena adanya ledakan antusiasme di dunia aerobic, diantara kaum hawa. Pada waktu itu Nike dikenal sebagai sepatu pelari maraton .
Di akhir tahun ’80-an, mereka mulai dapat mengatasi setiap faktor demografis. Nike melakukan kampanye pemasaran mereka dengan slogan “Just Do It”
Kampanye ini diciptakan pada pertemuan eksekutif antara WK dan Nike. Slogan ini mencerminkan budaya perusahaan dan adanya pendekatan iklan kepada konsumen
Dan, mereka behasil membuat kampanye periklanan mereka secara cerdas, humoris dan menarik/ keren. Nike memproduksi pakaian olahraga keren untuk dipakai setiap saat, baik sedang aktif berolah raga maupun sedang tidak sedang aktif. Di era 90-an, Nike meraih penjualan yang meledak di mana penjualannya melonjak dari 18% menjadi 43%, dari $ 800 juta per tahun pada tahun 1988 menjadi $ 9,2 bilion pada tahun 1998. Jika Anda ingin terlihat menarik / keren, maka slogan Nike adalah ” Just Do It “
3. Coca-Cola “The Pause That Refreshes”
D’Arcy Co
Seperti kampanye-kampanye hebat lainnya, maka kampanye Coca Cola dimulai dengan suatu masalah. Coca-Cola tidak memiliki masalah dalam menjual produknya selama musim panas. Masalahnya adalah di musim dingin, ketika hampir dikatakan tidak ada penjualan yang dihasilkan
Dalam upaya untuk mengatasi penjualan musiman mereka, mereka berpaling ke D’Arcy Co untuk berkampanye. ” Thirst Knows No Season ” ketika pertama kalinya mereka luncurkan dalam marketing campaign, maka mendapatka sambutan yang sangat baik. Sehingga Coca Cola benar-benar mulai berhasil menjual Coke lebih banyak selama musim dingin daripada pada musim panas.
Tetapi waktu berlalu, dan seperti semua perusahaan ingin meningkatkan keuntungan yang lebih lagi, demikian juga dengan Coca Cola. Coca Cola mentargetkan untuk menempatkan produk Coca-Cola ke tangan konsumen setiap harinya. Semakin banyak mereka mengobservasi, semakin mereka menyadari bahwa orang perlu istirahat dalam kesibukan mereka sehari-hari. Dan Coke harus ada di tangan konsumen selama waktu istirahat / samtai mereka.
Melalui marketing campaigns yang dilakukan maka Coca Cola sanggup mencetak sejarah dunia industri minuman dimana seperti motonya ” Always Coca Cola ” demikianlah Coca Cola menempatkan produknya sebagai minuman yang selalu ada di tangan konsumen di waktu istiahat / santai mereka, “The Pause That Refreshes”
4. Volkswagen “Think Small”
“Think Small” merupakan kampanye iklan VW yang paling legendaris di sepanjang masa. Sejak saat itu sampai sekarang, setiap perusahaan mengukur keberhasilan kampanye iklan mereka terhadap kampanye Think Small. Volkswagen memiliki banyak kesuksesan dengan VW Beetle di pasaran Eropa. Dan VW berusaha masuk ke pasaran Amerika dimana Kendaraan yang lebih besar jauh lebih populer di AS. Belum lagi VW diproduksi dari mobil-mobil Jerman yang dipakai oleh Nazi pada saat itu.
Tim promosi dari VW harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk memenangkan konsumen yang lesu. Kampanye pada saat itu sangat ketat. Sehingga Iklan VW yang bertujuan untuk menjual dibuat informatif dan fantastis . VW bukanlah produsen mobil papan atas saat ini, dan memang tidak pernah benar-benar berada di papan atas. Namun, dampak dari kampanye iklannya sanggup merevolusi dunia periklanan
Kampanye pemasaran yang sukses adalah hasil dari rencana pemasaran yang sangat baik dan kaya akan kreativitas. Catchy phrases dan slogan memberikan image bagi produk Anda. Jingle yang menarik akan menjadi populer di kalangan masyarakat. Kampanye pemasaran yang sukses memberikan identitas untuk produk Anda dan membantu Anda untuk meraih keuntungan. Dengan perencanaan pemasaran dan pelaksanaan yang tepat, maka kampanye pemasaran yang sukses akan berhasil Anda capai. Dan setiap tim pemasaran memobilisasi daya upaya mereka untuk untuk menghasilkan kesuksesan dalam kampanye pemasaran Anda
(Debbie Kusuma/AA/TML)

