Inovasi dalam Strategi Marketing

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Belajar dari keberhasilan orang lain tidak ada salahnya bukan? Namun bukan berarti menjilplak ide dan kreativitas orang lain tersebut, tentunya. Kita bisa melihat bahwa strategi pemasaran memang harus selalu inovatif dan berani melakukan terobosan-terobosan baru yang belum pernah muncul dalam strategi marketing manapun juga.

Dan inovasi baru dari perusahaan rokok yang namanya cukup terkenal di Indonesia ternyata berbuahkan keberhasilan dalam peningkatan penjualan produknya, yang mana selama ini masyarakat hanya mengenal baik brand rokok tersebut namun belum signifikan dibanding dengan produknya.

Perusahaan ini melakukan transformasi vertikal menjadi horizontal, dari yang mengutamakan membangun awarenes masyarakat. Dari yang tadinya melalui promosi beberapa media, mulai melalui komunitas yang ada. Dan alhasil produk rokok tersebut pun menjadi lebih mudah diterima oleh masyarakat dibandingkan hanya melalui media saja.

Pendekatan-pendekatan promosi horizontal yang diambil pun sesuai dengan kondisi masyarakat konsumen yang ingin dibangun menjadi suatu komunitasnya.

Karena itu sekali lagi, jangan lupa untuk setiap perusahaan memiliki komunitasnya. Membangunnya dengan suatu pendekatan terhadap kebutuhan komunitas dan memberikan layanan atau produk yang baik dan memuaskan.

Mengadakan event-event offline untuk mulai membangun komunitas cukup efektif sekalipun membutuhkan effort yang cukup tinggi. Namun pendekatan langsung kepada konsumen dan masuk kepada komunitas yang menjadi sasaran tembak (market oriented) akan memberikan dampak yang tak terlupakan kepada mereka dan pada akhirnya akan menjadi konsumen yang tingkat loyalitasnya tinggi.

 

 

(Natalina B/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x