(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Penjualan adalah kompetisi juga, jika kita perhatikan , karena setiap pembeli akan membandingkan penjual mana yang akan dipilihnya dengan kriteria-kriteria yang ada di benak pembeli. Oleh sebab itu sebelum kita menjual , kita belum tahu berapakah pembeli yang akan membeli produk atau jasa kita . Coba anda ingat ingat berapa banyak orang yang membeli dari anda dalam bulan ini? Apakah bila jumlah orang yang anda temui bertambah apakah penjualan anda juga bertambah?
Secara matematis memang untuk mendapatkan lebih banyak order atau penjualan maka anda harus mempunyai lebih banyak prospek. Masalahnya kita tidak bisa membuat prospek menjadi pelanggan kita. Kalau kita tidak dapat melakukan hal itu, tidak ada artinya kita mempunyai prospek banyak.
Untuk dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan, maka seorang penjual haruslah dapat mengenali apakah yang ada dalam benak pembeli sehingga dia dapat membeli produk dana jasa kita. Apabila prinsip diatas di yakini semua tenaga penjual seperti kita, maka untuk mencapai kesuksesan dalam menjual kita harus melakukan dua hal:
1. Kita mengasah ”Sales Skill” kita, karena semakin kita baik memiliki sales skill, maka pembeli akan mengambil apa yang kita tawarkan, karena pembeli mengerti dengan jelas, apa produk yang kita jual dan mengapa dia harus membeli.
2. Kita harus berbeda dengan penjual-penjual lain, karena yang berbeda itulah yang tetap diingat .
Anda harus berbeda dengan yang lain agar calon pelanggan tertarik pada kita. Apabila an ketertarikan mereka menjadi punya keyakinan bahwa andalah yang dapat mereka percaya untuk mensupply produk yang mereka inginkan.
Keunikan bukan melulu diri anda tetapi anda juga harus menemukan keunikan pada produk maupun perusahaan anda. Anda tidak perlu ragu karena pada dasarnya semua manusia punya keunikan. Carilah keunikan yang positif dari produk atau jasa yang anda jual. Ini akan menjadi nilai positif dan anda akan dapat memenangkan persaingan penjualan.
(Ita Ratna/AA/TML)