Menguasai Produk dan Jasa Yang Dipasarkan, Kewajiban Penting Seorang Salesperson !

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Kesalahan seorang salesperson yang bisa dikatakan cukup fatal, bagaimana menjual produk ataupun jasa jikalau Anda sebagai penjual tidak tahu secara detail apa yang Anda jual?

 Beberapa hari yang lalu saya menyaksikan perbincangan salesperson dengan customer. Alhasil perbincangannya tidak ada proses penjualan saat itu. Yang saya dapati dari hasil perbincangannya, seles tersebut justru dipojokkan oleh customernya. Setiap pertanyaan customernya tidak dapat di jawab dengan baik, oleh karena kurangnya pengetahuan akan apa yang di pasarkan.

Mengapa itu semua bisa terjadi? Nah, hal tersebut bisa terjadi karena salesperson tersebut kurang menguasai produk yang ia pasarkan, sehingga membuat salesperson tersebut tidak dapat menjelaskan dan menjawab dengan baik semua pertanyaan customer. Sedangkan customer tersebut menguasai secara jelas jenis barang, produksinya, bahkan semua keunggulan dan kekurangan produk tersebut. Bahkan yang saya dapati justru customer tersebut yang lebih banyak berbicara dan menjelaskan.

Dalam hal ini ada hal penting yg bisa kita pelajari dan yang perlu anda perhatikan sebagai salesperson yaitu Anda harus menguasai secara detail produk dan jasa yang Anda pasarkan. Dengan Anda menguasai penuh produk dan jasa yang Anda tawarkan, Anda akan percaya diri menjelaskan keunggulan dari produk dan jasa yang Anda pasarkan dan dengan sangat mudah Anda akan dapat menjawab semua pertanyaan customer Anda dengan baik.

Karena salah satu yang membuat penjualan dapat berhasil adalah cara Anda mempromosikan semenarik mungkin, cara Anda dalam penyampaian membuat calon pelanggan Anda tertarik untuk mencoba ataupun terus menerus memakai produk Anda.

Ketika Anda langsung berhadapan muka dengan muka dengan customer, berilah kesan pertama yang positif, mungkin pertama dengan sikap Anda yang ramah dan cara duduk Anda yang tegap. Setelah itu berilah kesan wajah yang siap untuk mendengarkan kebutuhannya supaya dengan mudah Anda dapat tahu apa yang diinginkan customer Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah dalam menjawab atau memberi solusi dengan produk ataupun jasa Anda.

Dan yang tidak dapat Anda lupakan ada berbagai macam karakteristik customer, dan Anda harus dapat menangani customer tersebut sesuai dengan karakternya, agar Anda dapat berhasil dalam penjualan.

 

 

(Dwi Fangfang/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x