(Business Lounge – Business Today), Pasar otomotif kembali memberikan berita dengan meningkatnya penjualan dari Daihatsu yang sempat beberapa hari yang lau mengalami penurunan bukan hanya di pasar nasional namun juga di pasar internasional. PT Astra Daihatsu Motor dalam siaran persnya menyatakan bahwa perusahaannya kembali dapat mempertahankan akan posisi keduanya di pasar otomotif nasional.
Tingginya animo beli pasar terhadap produk-produk Daihatsu, menunjukan kepercayaan masyarakat Indonesia pada Daihatsu semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan dikuasainya akan ‘market share’ sebesar 14.2 persen dengan total penjualan sebanyak 42.197 unit.
Keberhasilan yang diraih oleh Daihatsu ini sehingga mencapai penjualan wholesales sebesar 15.788 unit atau menguasai pasar sebesar 16,1 persen dari sekitar 97.811 unit sangat significant, menunjukkan tren yang positif atau meningkat 5,5 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berhasil mencapai angka penjualan wholesales sebesar 40.009 unit.
Kontribusi terbesar masih disumbangkan oleh All New Xenia di kelas Low MPV sebesar 45,2% atau berhasil menyumbang 7.141 unit, sementara Gran Max sebanyak 4.967 unit atau meyumbang 31,4% dari penjualan Daihatsu.
Daihatsu berhasil mencapai angka penjualan wholesales sebesar 15.788 unit atau menguasai pasar sebesar 16,1 persen dari sekitar 97.811 unit, di bulan Maret 2013. Angka tersebut meningkat 15 persen bila dibandingkan di bulan Februari 2013.
Ketatnya persaingan antar brand tidak membuat kepercayaan terhadap Daihatsu menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan Daihatsu selalu mengedepankan akan pelayanan, baik produk maupun after sales serta dengan semakin gencarnya Daihatsu menambahkan jumlah outlet untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akan Daihatsu.
(rs/IK/bl-ant)