(Business Lounge – Marketing) – Kasih dalam persahabatan memang menjadi salah satu hal yang berarti ketika merayakan Natal. Begitu pula dengan tema iklan Natal dari John Lewis, salah satu department store di Inggris. Promosi yang dilakukan John Lewis memang cukup sederhana, yaitu dengan tema “give someone a Christmas they’ll never forget”.
The Bear and The Hare sendiri bercerita tentang persahabatan dua binatang, yaitu si beruang (bear) dan si kelinci (hare). Dalam viral video berdurasi sekitar 2 menit 11 detik ini, diceritakan bahwa si beruang tidak bersemangat menyambut Natal, dan bahkan malas untuk ikut bersama dalam kegembiraan binatang lain yang sedang sibuk menghias pohon Natal di hutan yang sedang tertutup salju, dan memilih masuk ke gua dan tertidur.
Menyadari keadaan sahabatnya, si kelinci pun menjadi sedih. Ia akhirnya berupaya membuat bagaimana supaya si beruang bergembira menyambut hari Natal. Akhirnya, pada saat si beruang tertidur di guanya, si kelinci menyelipkan hadiah di depan gua dan kembali ke tempat binatang lain sedang mempersiapkan pohon Natal. Si kelinci terlihat sedih karena sahabatnya tidak ikut merayakan kegembiraan menghias pohon Natal. Tak disangka, tiba-tiba si beruang datang dan tersenyum, bahkan sangat senang melihat pohon Natal yang sudah terhias indah dan bersinar terang dengan lampunya. Ternyata, ia akhirnya datang karena hadiah pemberian dari si kelinci, yaitu sebuah jam.
Viral video bernuansa kartun ini memang cukup menarik, terutama bagi anak-anak. Hits dari video ini pun bisa dikatakan luar biasa, yaitu mencapai 11 juta lebih.
Strategi marketing dari John Lewis yang melalui audio visual ini memang bisa dikatakan cukup berhasil, dan video yang ditampilkan di youtube bisa dikatakan cukup mengundang orang untuk ikut di dalam alur ceritanya. Melihat strategi pemasaran yang dilakukan oleh John Lewis, bisa dikatakan bahwa pemasaran online saat ini merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan, mengingat bahwa pengguna internet saat ini begitu banyak. Di sisi lain, kreativitas dan inovasi di dalam periklanan tetap memang dibutuhkan, karena bagaimanapun, pemasaran online haruslah dapat meninggalkan kesan tersendiri di benak konsumen, sehingga pada akhirnya konsumen akan menjadi loyal pada produk atau jasa yang diiklankan tersebut.
(fj/ic/bl)
Fanya Jodie : Chief HR dan Corporate Communication Officer Vibiz Consulting Group dan penulis folder Inspiration “Be Your Self” dan Business Today di web Businesslounge
Twitter: @fanyajodie
Sumber foto : wallpapershd.com, itsartmag.com