(Businesslounge Journal-Operation Management) Berikut adalah kelanjutan dari tujuh operasi dasar dalam bisnis yang dapat membuatnya sukses:
- Teliti dan kembangkan model bisnis
Hal ini sebagian besar berkaitan dengan perencanaan cara menghasilkan keuntungan. Beberapa barang memiliki harga tertinggi tetapi tidak menghasilkan keuntungan besar. Misalnya, makanan panggang yang dibuat dengan bahan-bahan mahal seperti mentega dan krim tidak menghasilkan banyak keuntungan karena biaya pembuatannya terlalu mahal. Sebaliknya, kopi adalah pilihan yang lebih murah yang disukai orang-orang untuk dinikmati bersama makanan panggang. Jadi, jika Anda ingin memiliki toko roti, pertimbangkan untuk menyebutnya kedai kopi dan menjual makanan panggang sebagai pelengkap.
Ini adalah model bisnis ‘pisau cukur dan mata pisau terbalik’, di mana Anda menjual barang pertama dengan harga lebih rendah dan barang pelengkap dengan harga jauh lebih tinggi. Namanya berasal dari perusahaan pisau cukur populer yang menjual gagang pisau cukur dengan harga murah, tetapi pisau cukur penggantinya dengan harga lebih mahal. Dalam hal ini, kopi dijual dengan harga yang relatif lebih murah daripada makanan panggangnya. Ini hanyalah salah satu cara untuk memodelkan bisnis Anda. Metode lain termasuk waralaba dan penjualan langsung.
- Bangun tim
Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin ahli dalam menjalankan perusahaan Anda sendiri. Namun, mungkin ada saatnya Anda membutuhkan bantuan untuk operasional sehari-hari. Di sinilah tim Anda berperan. Tim Anda mungkin terdiri dari karyawan yang dapat melakukan tugas-tugas seperti manufaktur, layanan pelanggan, akuntansi, pemasaran, dan sebagainya, dan riset untuk Anda.
Misalnya, tim TI menangani semua aspek teknis operasional perusahaan, seperti pemeliharaan dan pembaruan sistem. Mereka juga menangani keamanan sistem, baik di lokasi maupun di luar lokasi. Mereka menangani setiap pelanggaran keamanan yang terjadi dalam jaringan atau sistem perusahaan. Ini adalah pekerjaan purnawaktu yang membutuhkan tim yang bekerja dengan tekun.
- Rencanakan dan laksanakan bisnis
Perencanaan dan pelaksanaan berbeda-beda di setiap bisnis, jadi sebaiknya sesuaikan fase ini dengan kebutuhan Anda. Fase ini dimulai dengan perencanaan, yang mencakup perumusan strategi untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Jika Anda mengecat eksterior rumah, misalnya, saat merencanakannya, Anda mungkin ingin tahu:
- lingkungan mana yang akan ditargetkan dan bagaimana
- siapa yang dapat membayar biaya Anda
- pada musim apa mereka biasanya mengecat ulang rumah mereka
- jenis eksterior apa saja yang dimiliki rumah-rumah tersebut
- apakah akan dikenakan biaya per bagian eksterior atau per seluruh rumah
- apakah Anda membutuhkan seluruh tim untuk mengerjakannya atau Anda dapat melakukannya sendiri
- peralatan apa yang diperlukan untuk mengerjakannya
- berapa total biaya overhead Anda setiap bulan
Anda menjawab semua pertanyaan ini dan pertanyaan serupa di tahap perencanaan. Kemudian, perencanaan berlanjut ke eksekusi, yang melibatkan pelaksanaan tugas-tugas yang diperlukan untuk mengimplementasikan fase perencanaan. Di sinilah Anda dapat menciptakan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target Anda, yang kemudian dapat Anda pasarkan kepada mereka dengan bantuan kampanye promosi.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)