(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Iklan adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan tim pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Untungnya, dengan kemajuan teknologi, terdapat banyak jenis iklan yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek. Jika Anda mempertimbangkan karier di bidang periklanan, penting bagi Anda untuk memahami berbagai jenis iklan dan cara menerapkannya. Dalam artikel ini, kami membahas berbagai jenis iklan, termasuk bentuk tradisional dan digital, sehingga Anda dapat menentukan strategi periklanan terbaik untuk pengembangan karier Anda.
Jenis-jenis Iklan
Sebelum mempertimbangkan berbagai jenis iklan, penting untuk memahami dua jenis iklan yang utama. Iklan tradisional berkaitan dengan iklan yang dimulai sebelum ditemukannya internet dan media sosial. Jenis-jenis iklan tradisional ini meliputi televisi, surat kabar, radio, selebaran, surat langsung, dan papan reklame. Beberapa metode periklanan ini mungkin tampak ketinggalan zaman, tetapi semuanya memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang sangat besar. Meskipun ini berarti lebih banyak orang berkesempatan melihat merek yang Anda promosikan, jenis iklan ini jauh lebih tidak tertarget dibandingkan iklan digital.
Iklan digital sebagian besar telah melampaui iklan tradisional karena kini krusial bagi kesuksesan perusahaan, produk, dan layanannya. Jenis-jenis iklan digital meliputi iklan media sosial, iklan email, iklan pencarian berbayar, dan iklan native. Iklan digital adalah cara beriklan yang lebih hemat biaya dan memungkinkan Anda menargetkan demografi tertentu. Agar bisnis berhasil, idealnya diperlukan pembuatan kampanye pemasaran yang mencakup iklan tradisional dan digital.
Jenis-jenis iklan digital
Berikut beberapa jenis iklan digital yang umum:
Iklan Display
Iklan display adalah bentuk iklan digital yang paling sederhana dan biasanya menggabungkan gambar dan teks. Iklan display ini biasanya muncul sebagai banner, pop-up, atau iklan flash di situs web. Perbedaan utama antara iklan display dan bentuk iklan lainnya adalah iklan ini tidak muncul di mesin pencari. Opsi yang terjangkau ini mudah diterapkan, karena sebagian besar situs web menyediakan ruang iklan. Iklan-iklan ini bisa berupa iklan diam atau animasi, dan tujuannya sederhana.
Karena iklan display sangat umum di internet, kejenuhan ini dapat berdampak negatif pada efektivitas iklan Anda. Ini karena iklan display tidak memberikan nilai lain selain ajakan bertindak, dan banyak konsumen mengabaikan iklan banner ini. Iklan ini bahkan bisa mengganggu jika mengganggu saat pengguna menggulir situs, jadi memilih tampilan dan penempatan iklan display Anda dengan cermat sangat penting untuk kesuksesannya
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)