(Business Lounge Journal – News and Insight)
Tahun lalu, Google memperkenalkan “AI Overviews,” sebuah fitur yang menampilkan ringkasan hasil yang dibuat oleh kecerdasan buatan di bagian atas banyak halaman pencarian Google. Fitur ini tersedia untuk jutaan pengguna Google di AS. Belakangan, penerbit online mengaitkan menurunnya trafik situs web mereka dengan keberadaan ringkasan ini yang menggantikan hasil pencarian tradisional, mereka mengklaim bahwa banyak pengguna lebih mengandalkan ringkasan tersebut daripada mengikuti tautan ke situs penerbit.
Laporan dari Pew Research Center yang dipublikasikan musim semi ini menganalisis data dari 900 orang dewasa di AS yang setuju membagikan aktivitas penelusuran online mereka. Sekitar enam dari sepuluh responden (58%) melakukan setidaknya satu pencarian Google pada Maret 2025 yang menghasilkan ringkasan yang dibuat oleh AI. Analisis tambahan menemukan bahwa pengguna Google cenderung lebih jarang mengklik tautan hasil pencarian ketika mengunjungi halaman dengan ringkasan AI dibandingkan halaman tanpa ringkasan tersebut. Pada pencarian yang menghasilkan ringkasan AI, sangat sedikit pengguna yang mengklik ke sumber yang dirujuk.
Berikut adalah lebih banyak hal yang kami pelajari tentang ringkasan AI Google dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan mereka.
Cara Google
Pengguna Google yang menemukan ringkasan AI cenderung lebih jarang mengklik tautan ke situs lain dibandingkan pengguna yang tidak melihat ringkasan. Pengguna yang menemukan ringkasan AI mengklik tautan hasil pencarian tradisional dalam 8% dari semua kunjungan mereka. Sebaliknya, pengguna yang tidak menemukan ringkasan AI mengklik tautan hasil pencarian hampir dua kali lipat (15% dari kunjungan).
Pengguna Google yang menemukan ringkasan AI juga jarang mengklik tautan di dalam ringkasan itu sendiri. Ini terjadi hanya dalam 1% dari semua kunjungan ke halaman yang menampilkan ringkasan tersebut.
Selain itu, pengguna lebih mungkin untuk mengakhiri sesi penelusuran mereka secara keseluruhan setelah mengunjungi halaman dengan ringkasan AI daripada di halaman tanpa ringkasan. Hal ini terjadi di 26% dari halaman yang memiliki ringkasan AI, dibandingkan 16% dari halaman yang hanya menampilkan hasil pencarian tradisional.
Terlepas dari apakah sebuah halaman memiliki ringkasan AI atau tidak, sebagian besar pencarian Google dalam studi ini berakhir dengan pengguna yang mengunjungi halaman lain di Google atau meninggalkan situs sama sekali tanpa mengklik tautan apapun di hasil pencarian. Sekitar dua pertiga dari semua pencarian berujung pada salah satu dari tindakan ini.
Sumber yang paling sering dikutip baik dalam ringkasan AI Google maupun hasil pencarian standar adalah Wikipedia, YouTube, dan Reddit. Ketiga situs ini adalah sumber yang paling umum terkait dalam ringkasan AI dan hasil pencarian standar. Secara kolektif, mereka menyumbang 15% dari sumber yang dicantumkan dalam ringkasan AI yang kami teliti. Mereka juga menyumbang porsi serupa (17%) dari sumber yang tercantum dalam hasil pencarian standar.
Perbandingan link Wikipedia dan YouTube
Link Wikipedia sedikit lebih sering muncul di ringkasan AI dibandingkan halaman pencarian standar, sementara link YouTube sedikit lebih umum di hasil pe ncarian standar daripada di ringkasan AI.
Jenis situs yang sering terkait dalam hasil pencarian Google
Situs pemerintah lebih umum muncul di ringkasan AI dibandingkan hasil pencarian standar. Sekitar 6% dari sumber yang terkait dalam ringkasan AI adalah situs .gov, dibandingkan hanya 2% untuk hasil pencarian standar. Sementara itu, 5% dari ringkasan AI — dan 5% dari hasil pencarian standar — terkait dengan situs berita.
Statistik umum
Secara keseluruhan, sekitar satu dari lima pencarian Google di bulan Maret 2025 menghasilkan ringkasan AI. Sekitar 18% dari semua pencarian Google dalam studi ini menghasilkan ringkasan AI sebagai bagian dari hasil pencarian. Sebagian besar ringkasan ini (88%) merujuk pada tiga atau lebih sumber, sedangkan hanya 1% yang merujuk pada satu sumber saja.
Panjang ringkasan AI
Panjang ringkasan AI rata-rata (median) dalam studi ini adalah 67 kata, meskipun bervariasi sangat luas. Terpendek hanya tujuh kata, sementara terpanjang mencapai 369 kata.
Variasi panjang berdasarkan query pencarian
Pencarian yang lebih panjang, mengandung lebih banyak kata, mengajukan pertanyaan, atau menggunakan kalimat lengkap lebih cenderung menggunakan AI Overview dari pada membuka