Pemasaran Akuisisi: Semua yang Perlu Anda Ketahui

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Meskipun banyak perusahaan berfokus pada membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, memanfaatkan audiens baru juga sama bermanfaatnya. Pemasaran akuisisi adalah strategi yang melibatkan promosi produk kepada konsumen yang saat ini belum berbelanja di perusahaan tersebut. Menerapkan strategi ini dapat membantu perusahaan tetap kompetitif di industrinya dan membangun basis pelanggan yang lebih besar.

Dalam artikel ini, kami membahas pemasaran akuisisi, mencantumkan manfaatnya, mengeksplorasi saluran yang relevan dengan strategi tersebut, dan memberikan kiat untuk implementasi yang sukses.

Apa itu pemasaran akuisisi?

Pemasaran akuisisi adalah strategi yang melibatkan promosi barang atau jasa kepada audiens baru. Tujuannya adalah menargetkan konsumen dalam fase “minat” atau “pertimbangan” dari corong konversi dan meyakinkan mereka tentang nilai barang atau jasa yang diiklankan. Saat menerapkan pemasaran akuisisi, sebuah bisnis menyoroti daya tarik unik produknya dan menekankan bagaimana produk tersebut lebih unggul dari pesaing. Saat menerapkan pemasaran akuisisi, perusahaan dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Tentukan kelompok pelanggan target yang ingin Anda tarik.
  • Tentukan cara menjangkau kelompok pelanggan target tersebut.
  • Rekrut tim spesialis akuisisi pelanggan yang berpengalaman dalam basis pelanggan spesifik yang ingin Anda jangkau.
  • Pikat pelanggan baru ke merek atau perusahaan Anda dengan memasarkan atau beriklan ke basis pelanggan tertentu.
  • Konversikan pelanggan baru menjadi prospek berkualitas yang mempertimbangkan untuk membeli dari perusahaan Anda.

Meskipun tujuan utamanya adalah memperkenalkan pelanggan kepada perusahaan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian pertama, pemasaran akuisisi dapat memberikan dampak jangka panjang. Pelanggan yang familiar dengan suatu perusahaan cenderung melakukan pembelian berulang yang menumbuhkan loyalitas merek. Hasilnya, perusahaan menikmati peningkatan penjualan dan iklan gratis ketika konsumen merekomendasikan produk kepada teman dan keluarga.

Manfaat pemasaran akuisisi

Manfaat pemasaran akuisisi meliputi:

  • Memungkinkan perusahaan untuk menarik dan mengonversi konsumen baru secara sistematis
  • Membuat investor dan pihak luar lainnya senang dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan perusahaan
  • Meningkatkan tingkat perolehan dan konversi prospek
  • Meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan
  • Memperluas basis data pelanggan perusahaan secara keseluruhan
  • Memungkinkan pemasaran tertarget yang lebih mungkin berhasil
  • Meningkatkan kemungkinan pelanggan tetap
  • Meningkatkan profitabilitas bisnis dalam jangka panjang
  • Mengimbangi biaya pemasaran dengan meningkatkan pendapatan perusahaan
  • Menarik pelanggan lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan perusahaan

Saluran pemasaran akuisisi utama

Saluran akuisisi yang digunakan dalam pemasaran mengacu pada strategi, taktik, dan platform yang digunakan untuk melibatkan dan menarik prospek baru. Berikut adalah saluran utama yang digunakan dalam pendekatan pemasaran akuisisi:

Blog

Blog adalah alat yang hebat untuk diterapkan dalam strategi pemasaran akuisisi Anda, karena dapat ditransfer ke semua jenis bisnis dan audiens. Blog menawarkan kesempatan untuk memberikan informasi berharga kepada konsumen, menjelajahi berbagai topik, dan berinteraksi dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada. Pastikan untuk mengoptimalkan konten blog untuk basis pelanggan spesifik yang ingin Anda tarik.

Pemasaran Konten

Meskipun blog merupakan bagian dari pemasaran konten, istilah yang lebih luas ini dapat merujuk pada materi apa pun yang Anda buat yang tidak secara langsung bersifat promosi tetapi tetap membantu Anda menjangkau audiens baru. Anda dapat mengembangkan video atau templat yang dapat diunduh untuk memberikan nilai tambah kepada basis konsumen. Ketika seseorang menerima informasi atau hiburan dari konten Anda, kemungkinan besar mereka akan mempelajari merek Anda dan menjadi pelanggan tetap.

Platform Media Sosial

Karena orang menggunakan media sosial untuk menemukan produk dan layanan baru, bisnis sering kali memanfaatkan peluang pemasaran gratis dan berbayar. Saat menggunakan media sosial dalam pemasaran akuisisi Anda, pertimbangkan platform mana yang paling banyak digunakan oleh audiens ideal Anda. Kemudian, buat konten yang ditargetkan untuk audiens ini dan pantau hasilnya.

Pemasaran Email

Pemasaran email adalah cara yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan dan pelanggan saat ini serta menawarkan konten dan informasi berkualitas tentang produk dan layanan. Anda juga dapat menggunakan pemasaran email untuk menarik pelanggan dengan promosi, diskon, dan acara. Pemasaran email memungkinkan Anda menilai perilaku konsumen dengan memantau tingkat berlangganan dan berhenti berlangganan serta mengetahui berapa banyak email yang dibuka oleh penerima.

Pemasaran pencarian

Pemasaran pencarian mengacu pada optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran pencarian berbayar.

(seperti bayar per klik). Saluran pemasaran ini memungkinkan Anda mengoptimalkan situs web dan kontennya untuk menarik audiens tertentu dengan pola pencarian yang unik. Bisnis dapat membuat kampanye yang mengiklankan produk pada waktu yang tepat dan memanfaatkan minat pengguna.