(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Berikut adalah kelanjutan dari daftar 20 strategi pemasaran restoran yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap restoran, mengembangkan reputasi bisnis, dan meningkatkan penawaran Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan. Daftar tersebut mencakup saran untuk mengembangkan strategi pemasaran daring, memanfaatkan pelanggan saat ini sebaik-baiknya, dan menarik pelanggan baru untuk mengunjungi restoran.
6. Dorong pelanggan untuk membagikan foto mereka
Salah satu cara untuk melibatkan pelanggan secara daring adalah dengan mendorong pengunjung restoran untuk membagikan foto pengalaman mereka di akun media sosial pribadi mereka. Jika mereka menandai akun sosial restoran di postingan mereka, Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens baru. Rekomendasi dan ulasan pribadi merupakan alat pemasaran yang ampuh dan unggahan di media sosial memungkinkan pelanggan untuk memberi tahu teman dan pengikut mereka tentang restoran tersebut.
7. Buat program loyalitas pelanggan
Program loyalitas pelanggan merupakan cara yang berguna untuk mendorong pelanggan untuk kembali berbelanja. Hal ini dapat menciptakan insentif bagi pelanggan untuk memilih restoran tersebut daripada pesaing dan kompetitor lokal. Program loyalitas dapat mencakup item gratis dari menu setelah sejumlah kunjungan atau hadiah karena berbagi foto kunjungan ke restoran tersebut di saluran media sosial.
8. Gunakan iklan daring yang bertarget
Saluran media sosial memberikan peluang untuk menjangkau audiens yang sangat tertarget yang mungkin ingin bersantap di restoran tersebut. Anda dapat menargetkan iklan menurut demografi, lokasi geografis, dan minat, atau gabungan dari semua ini. Iklan di media sosial menyediakan cara yang hemat biaya untuk menjangkau pelanggan baru, dengan laba atas investasi yang relatif tinggi.
9. Jalin kerja sama dengan bisnis lokal
Bisnis lokal berpotensi menawarkan cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru. Anda dapat menjalin kemitraan dengan hotel atau perusahaan taksi lokal, yang mengarah pada penawaran dan kampanye pemasaran silang. Jalin kerja sama dengan bisnis lokal juga dapat menghasilkan peluang untuk pemesanan grup dan katering untuk acara bisnis.
10. Fokus pada presentasi
Fokus pada presentasi hidangan restoran dapat mendorong pelanggan untuk berbagi foto makanan mereka di media sosial. Fotografi makanan populer di media sosial, jadi mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan presentasi dapat berdampak pada jumlah orang yang berbagi foto pengalaman bersantap mereka di restoran. Anda dapat meningkatkan presentasi dengan beberapa cara, mulai dari penataan elemen di piring hingga peralatan makan, peralatan dapur, dan gelas yang digunakan di restoran.
11. Berikan diskon dan kupon
Membuat penawaran dan diskon khusus untuk restoran dapat mendorong pelanggan untuk datang, yang mungkin tidak akan datang. Ada berbagai layanan voucher online yang dapat membantu Anda menjangkau khalayak yang lebih luas. Anda juga dapat mempublikasikan penawaran di pers lokal dan di saluran media sosial. 12. Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan
Mengundang dan mendorong ulasan daring merupakan cara yang ampuh bagi manajer pemasaran untuk meningkatkan profil restoran. Ada banyak platform ulasan daring independen yang dapat digunakan pelanggan. Anda juga dapat mencantumkan ulasan pelanggan di situs web restoran atau media sosial.
13. Tanggapi ulasan
Jika Anda mendorong pengunjung untuk memposting ulasan restoran secara daring, salah satu strategi efektif yang dapat Anda terapkan adalah menanggapi ulasan tersebut, baik positif maupun negatif. Menanggapi ulasan positif menunjukkan bahwa bisnis menghargai umpan balik pelanggan, sementara menanggapi ulasan negatif menunjukkan keinginan untuk meningkatkan penawarannya. Keduanya dapat menarik bagi calon pelanggan.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)