(Business Lounge Journal – Global News)
Walmart ingin memperluas kerajaan makanannya. Campuran muffin bebas gluten dan es krim susu oat dianggap sebagai kuncinya. Sebagai perusahaan grosir terbesar di negara ini, perusahaan ini memperkenalkan rangkaian produk makanan premium yang disebut Bettergoods pada tahun ini. Hal ini bertujuan untuk lebih sering menarik pembeli baru, yang sering kali berpenghasilan lebih tinggi, dan mendorong pembeli saat ini untuk berbelanja lebih banyak.
Merek baru ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikembangkan dan akan mencakup makanan seperti selai raspberry kapulaga seharga $5,24 dan empanada ayam kari. Walmart berencana menambahkan lebih dari 300 item Bettergoods ke rak tahun ini—banyak di antaranya berharga $5 atau kurang. “Kami tidak selalu muncul di hadapan pelanggan yang mencari rangkaian produk ini,” kata John Laney, head of grocery Walmart A.S. Produk baru ini menghadirkan rasa yang lebih berani dan lebih sehat. Ini adalah pertaruhan strategis yang besar bagi pengecer karena mereka bersaing untuk mendapatkan pelanggan dengan Costco Wholesale, Trader Joe’s, dan Whole Foods Amazon.com, yang memiliki merek toko yang luas.
Hal ini kemungkinan akan membuat marah produsen makanan yang berebut tempat di Walmart. Walmart mengurangi investasi di tempat lain. Pada hari minggu lalu, perusahaan tersebut mengatakan akan menutup seluruh 51 klinik kesehatan yang dibuka selama lima tahun terakhir. Klinik-klinik tersebut, seringkali terletak tepat di sebelah toko-toko, menawarkan layanan perawatan primer dan janji temu telehealth.
Walmart mengatakanbahwa kenaikan biaya operasional “bisnis perawatan kesehatan tidak bisa kami lanjutkan saat ini.” Juru bicara Walmart menolak mengatakan berapa banyak pekerjaan yang terdampak. Klinik kemungkinan akan tutup dalam dua hingga tiga bulan, katanya. Di toko bahan makanan, Walmart memiliki salah satu merek makanan dan konsumsi terbesar di AS- Great Value.
Produk-produk tersebut sering kali hadir dalam kemasan yang tidak mencolok dan berisi segala sesuatu mulai dari mentega hingga tisu toilet. Sekitar 4.000 produk yang sebagian besar bersifat generik dimaksudkan agar serupa dengan produk merek nasional, tetapi lebih murah.
Great Value telah dan akan menjadi bagian besar dari bisnis ini karena menawarkan nilai sehari-hari, kata Scott Morris, kepala merek makanan dan bahan habis pakai swasta untuk Walmart A.S.
Namun Bettergoods memberi Walmart peluang untuk menarik lebih banyak pembeli, lebih sering, katanya. Saat Morris datang ke Walmart pada tahun 2020, timnya mendapati konsumen bingung tentang perbedaan produk Great Value dengan merek Walmart lainnya, Sam’s Choice. Merek tersebut diciptakan pada tahun 2013 sebagai produk yang lebih premium. Selama bertahun-tahun, produk tersebut menjadi terlalu mirip dengan Great Value dan kemasannya tidak menarik perhatian pembeli, kata Morris. Produk Sam’s Choice saat ini—sekitar 200 item—akan beralih ke Great Value atau Bettergoods atau hilang.
Ketika tren makan yang lebih berani menjadi lebih umum, pasar menjadi cukup besar bagi Walmart untuk menawarkan titik harga yang lebih rendah guna meningkatkan permintaan, kata Morris. Secara internal, para eksekutif Walmart mendukung gagasan untuk meraih lebih banyak penjualan dengan memiliki merek yang menawarkan produk makanan baru, bukan meniru produk yang sudah ada.
Para eksekutif Walmart mengatakan bahwa merek nasional akan selalu menjadi bagian penting dalam pemilihan mereka. Namun seiring dengan diluncurkannya Bettergoods tahun ini dan seterusnya, pangsa keseluruhan penjualan makanan merek toko Walmart akan meningkat, kata para eksekutif. Walmart mengandalkan bahan makanan untuk hampir 60% penjualan tahunannya di AS.
Para eksekutif menolak untuk mengungkapkan berapa persentase yang saat ini berasal dari merek toko. Mendapatkan Bettergoods di rak membutuhkan waktu bertahun-tahun. Untuk menghasilkan ide-ide segar, tim makan di ratusan restoran mulai dari restoran cepat saji hingga restoran mewah di seluruh dunia, kata Denise Wright, wakil presiden makanan merek swasta untuk Walmart A.S.
Perjalanan tersebut “kedengarannya sangat menyenangkan, namun sebenarnya menyakitkan karena kita makan delapan kali sehari,” kata Wright. Nama merek Bettergoods muncul dari ribuan pesaing. Para eksekutif memilihnya karena istilah tersebut tidak terlalu terfokus pada klaim kesehatan atau makanan petualangan, namun dapat mencakup semua gagasan tersebut.
Tim sensoris dan kualitas Walmart bekerja dengan pengembang produk internal dan pemasok eksternal untuk menguji lebih lanjut ide-ide dan memverifikasi konsistensi resep. Walmart bekerja sama dengan perusahaan perasa, perusahaan yang membantu merumuskan resep dan menjual bahan-bahan yang digunakan di seluruh industri.
Walmart memiliki banyak pilihan rasa untuk dipilih, namun pengujian internal menunjukkan bahwa jika air mencantumkan lebih dari dua rasa pada labelnya, konsumen akan menolak keras. Bettergoods akan diluncurkan dengan bahan dasar seperti lemon dan jeruk nipis, serta varietas dua rasa seperti jeruk mangga dan jeruk nipis. Paket delapan akan berharga $3,27.
Walmart tidak membuat lini makanan barunya terlalu mengikuti tren, karena menyadari bahwa banyak pelanggan intinya masih menginginkan sesuatu yang familiar. Banyak kategori yang memiliki setidaknya satu produk dengan rasa yang aman, kemudian beberapa jenis yang lebih trendi.
Photo by Caique Morais