(Business Lounge – Global News) Konsultan teknologi IDC memprediksi bahwa penjualan iPad akan jatuh tahun ini dan terus merosot hingga 2019. Tablet telah menjadi kurang populer setelah penjualan ponsel “phablet” telah melonjak. Untuk mengatasi penurunan ini, banyak pembuat tablet memotong harga dan menambahkan fitur panggilan suara untuk menarik pelanggan dari phablets. Hal Yang diharapkan adalah hal ini dapat membantu penjualan tablet untuk tumbuh secara keseluruhan sebesar 2% pada tahun ini.
Sementara itu Apple Inc. saat ini sedang bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan teknologi untuk membuat alat kerja iPad yang lebih menarik, guna untuk melawan prediksi jatuhnya penjualan iPad tersebut.
Mulai ‘Terbuka’ dengan Perusahaan Lain
Apple melakukan tindakan yang tidak wajar sebagai sebuah perusahaan yang secara tradisional telah berhasil tanpa mendapat banyak bantuan dari orang lain. Apple mengundang pejabat dari kantor akuntansi Xero Ltd. dan mitra lainnya dalam program bisnis-aplikasi untuk melatih spesialis bisnis Apple. Perusahaan yang berlogo buah apel ini juga mengundang beberapa rekannya untuk hadir di konferensi penjualan Apple pada Maret lalu di Huntington Beach, California.
Meskipun mengundang mitra-mitranya, acara ini biasanya bersifat tertutup bagi orang luar Apple. Beberapa rincian program tidak diterangkan dengan jelas, bahkan kepada peserta acara, hal ini mencerminkan sifat kerahasiaan Apple. Pejabat di beberapa mitra mengatakan mereka tidak yakin peran mereka dalam menjual aplikasi dan tidak tahu identitas mitra lainnya
Inisiatif ini disebut “Mobility Partner Program” atau MPP, tetapi Apple telah menyarankan agar para rekannya tidak menggunakan nama tersebut di publik. Perusahaan-perusahaan ini sedang mengembangkan iOS solusi di industri yang akan memberdayakan karyawan dan membawa era produktivitas baru,
Para peserta dalam program MPP adalah perusahaan perangkat lunak ServiceMax Inc., perusahaan digital-cash-register Revel Systems; perusahaan keamanan mobile MobileIron Inc., dan AirWatch milik VMware Inc.; serta ScrollMotion Inc., dan Showpad NV, yang masing-masing membuat aplikasi mobile untuk presentasi penjualan. Namun, beberapa peserta lain belum diungkapkan oleh Apple
Mengganti Fokus Konsumen
Konsumen yang difokuskan Apple bukan lagi para masyarakat luar, tetapi para pembisnis. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan penurunan tajam dalam penjualan iPad yang telah jatuh selama enam kuartal berturut-turut. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pendapatan dari iPad menurun sebesar 24%.
Michael Kapil, pemilik restoran Bindia di Toronto membeli tiga iPad setelah Moneris Solutions Corp., salah satu mitra dari Apple, mengundangnya dalam seminar untuk para pemilik restoran pada bulan Mei, demikian seperti dilansir oleh WSJ. Para karyawan Bindia sekarang menggunakan Moneris dan layanan registrasi cash digital─TouchBistro pada tablet mereka, memungkinkan koki dan bartender untuk mempersiapkan hidangan dan minuman lebih cepat.
Barker, co-founder dari PREP Cosmetics, mengatakan usahanya sudah mendapatkan manfaat dari inisiatif Apple. Perangkat lunak akuntansi baru mengotomatisasi banyak tugas, sehingga dia tidak perlu lagi membawa pembukuan setiap Kamis malam untuk memasukan penerimaan kertas.
Penjualan kepada para pembisnis telah menjadi titik terang di pasar tablet yang telah jatuh. Forrester Research memperkirakan 20% dari tablet yang digunakan secara global akan dimiliki oleh berbagai bisnis lainnya pada tahun 2018. Apple juga telah menargetkan pelanggan bisnis dengan kemitraan selama setahun dengan International Business Machines Corp. untuk membuat aplikasi kustom iPad bersama-sama.
Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara