(Business Lounge – Business Insight) Wal-Mart Stores memang sedang sangat aktif. Setelah menetapkan misinya untuk meningkatkan produksi dalam negeri AS (Baca: Wal-Mart Emban Misi Meningkatkan Produksi Dalam Negeri AS), maka perusahaan raksasa peritel ini pun terus melakukan manuver.
Dalam rangka menyaingi Amazon.com yang segera meluncurkan “Prime Day” pada Rabu (15/7), Wal-Mart pun mengadakan penjualan online yang akan berlangsung untuk 90 hari juga pada hari Rabu yang sama. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa sangat terasa adanya sebuah persaingan untuk merebut pasar online yang memang sedang marak ini.
Amazon.com “Prime Day”
Prime Day adalah acara one day shopping yang diadakan Amazon.com dengan penawaran yang lebih dari acara Black Friday. Prime members (anggota dengan iuran tahunan USD 99 atau IDR 1,2 juta) dapat berbelanja lewat penawaran ekslusif untuk barang-barang elektronik, mainan, video games, film, pakaian, perkakas, peralatan olah raga, dan peralatan outdoor, serta lainnya.
Acara ini akan diadakan untuk memperingati ulang tahun ke-20 perusahaan e-commerce Amazon.com. Selain ribuan penawaran, juga akan diberikan diskon menarik setiap 10 menit, demikian dikatakan Julie Law, juru bicara Amazon.
Wal-Mart “Atomic Deals”
Sedangkan Wal-Mart akan memberikan berbagai diskon, pada lebih dari 2.000 item termasuk elektronik, mainan, dan produk bayi, serta perlengkapan rumah, demikian dikatakan juru bicara Wal-Mart, Bao Nguyen seperti dilansir oleh Reuters. Selain memberikan diskon, Wal-Mart juga menurunkan jumlah minimum order untuk mendapatkan layanan pengiriman gratis. Jika semula minimun pemesanan USD 50 atau IDR 650,000 akan mendapatkan layanan pengiriman gratis, maka untuk 30 hari ke depan sejak Rabu (15/7) pemesanan minimun menjadi USD 35 atau IDR 455,000.
Namun Nguyen mengatakan bahwa Wal-Mart kemungkinan besar akan mempertimbangkan untuk memperpanjang periode pengiriman penawaran gratis ini tergantung pada respon pelanggannya. Selain itu Wal-Mart juga akan memberikan penawaran-penawaran tertentu lainnya untuk waktu yang tebatas, seperti “atomic deals” yang rinciannya baru akan diberitahukan kemudian. Namun penjualan tersebut hanya akan hanya pada situs Wal-Mart AS.
Adu Strategi Diskon Antar Peritel Online
Pada Senin (13/7) Wal-Mart menuliskan pada blog-nya bahwa ia memberikan layanan kepada pelanggannya serta siapa saja sebab tidak ada alasan untuk memberikan diskon hanya kepada yang membayar premi.
“Kami hanya tidak percaya Anda harus membayar biaya untuk mendapatkan harga yang lebih baik,” demikian kemudian dikatakan juru bicara Walmart Ravi Jariwala seperti dilansir oleh Reuters. Wal-Mart memang sedang berupaya meraih lebih banyak pelanggan pada toko online-nya, sebab Wal-Mart telah melihat bahwa lalu lintas pengunjung di toko-tokonya di AS telah menurun selama sekitar satu tahun sebelum bertambah kembali selama musim belanja liburan baru-baru ini. Hingga kuartal pertama, lalu lintas pengunjung toko naik 1% di toko-toko AS.
Amazon pun kemudian bereaksi terhadap pernyataan Wal-Mart tersebut dengan komentar yang diberikan oleh Greg Greeley, wakil presiden Amazon Prime, “Kami sudah mendengar beberapa pengecer memberikan harga yang lebih tinggi untuk produk-produk yang dijual pada toko fisik mereka daripada yang mereka lakukan untuk item yang sama secara online. Ide memberikan harga pada pelanggan di toko lebih dari pelanggan online Anda tidak akan membuat kita menambahkan tarif, tetapi itu menjadi pengingat yang baik bahwa Anda biasanya lebih baik belanja secara online. Jika Anda telah menjadi salah satu dari puluhan juta Prime Member, maka semuanya sudah siap. Tetapi jika Anda bukan anggota, Anda masih diundang – untuk mendapatkan keuntungan dari percobaan gratis selama 30-hari di amazon.com.”
Tidak ingin ketinggalan, Best Buy pun akan mengadakan acara diskon yang diberi nama Black Friday yang direncanakan untuk diadakan pada 24-25 Juli. Sementara ide untuk mengubah Black Friday menjadi penjualan sepanjang tahun mungkin bukan hal yang baru, sebab akan mendorong semakin banyak orang untuk berbelanja pada hari-hari yang tidak direncanakan sebelumnya.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana