Google Bisnisku, Aplikasi Gratis untuk Membantu Online Presence UKM

(Business Lounge – Tech & Gadget) Google sebagai perusahaan raksasa internet dunia, selalu memberikan inovasi baru untuk kemajuan online. Kali ini Google memperkenalkan  sebuah aplikasi yang diberi nama Google bisnisku, sebagai salah satu solusi bagi para UKM Indonesia untuk mempromosikan usahanya secara gratis. Mira Sumanti selaku Head of SMB Marketing Google Indonesia mengatakan bahwa Google bisnisku diharapkan dapat membantu UKM untuk mampu mendongkrak bisnisnya, khususnya bagi UKM yang belum online. Pertumbuhan UKM di Indonesia cukup pesat, mencapai lebih dari 55 juta, namun sayangnya baru 1 % dari UKM ini yang sudah go online. Dengan layanan ini, Google menargetkan akan meraih 2 juta bisnis UKM pada akhir tahun 2017 nanti.

Google bisnisku adalah sebuah platform gratis dari Google yang terintegrasi dengan aplikasi Google search, Google Maps dan Google +.  Layanan ini diperuntukkan untuk  membantu sebuah bisnis untuk dapat ditemukan secara online, khususnya untuk usaha kecil menengah (UKM). Dengan mendaftarkan diri pada layanan ini  maka informasi mengenai bisnis tersebut secara otomatis akan terdaftar di 3 aplikasi Google tersebut, hal ini akan membuat pelanggan lebih mudah menemukan bisnis tersebut secara online.

Dengan menggunakan layanan ini, pemilik bisnis dapat memperbaharui informasi mengenai bisnis mereka (seperti alamat, telepon, jam buka toko, dan lainnya),  selain itu pengguna juga dapat menambahkan foto, membaca dan merespon ulasan dari pelanggan. Dengan integrasinya ke Google Maps,akan membantu pelanggan menemukan petunjuk arah ke lokasi bisnis dengan mudah, dan dengan integrasinya ke Google +, maka pemilik bisnis dapat memposting berita, event, foto, dan update lainnya yang ingin mereka share-kan kepada pelanggan. Sebagai tambahan, google bisnisku juga terintegrasi dengan layanan Adwords-nya, hal ini membantu pemilik bisnis untuk mengenal karakteristik pelanggannya, dari mana mereka datang, apa yang mereka klik, data demografi, dan lainnya.

Untuk mendaftarkan bisnisnya di google bisnisku, pemilik bisnis harus memiliki sebuah akun gmail, kemudian pemilik bisnis dapat mengunjungi http://www.google.co.id/bisnisku. Setiap akun gmail dapat digunakan untuk mendaftarkan maksimal 20 bisnis. Pemilik bisnis akan diminta untuk memilih kategori usahanya, yang terdiri dari 3 pilihan: lokasi fisik, area layanan dan merek. Pilihlah lokasi, jika bisnisnya adalah berupa lokasi yang dikunjungi orang misalnya bisnis restoran, area layanan untuk bisnis di bidang jasa, dan merek untuk bisnis yang mengutamakan merek seperti produk. Langkah selanjutnya adalah menambahkan informasi mengenai bisnis tersebut.

Setelah melakukan pendaftaran, Google akan melakukan verifikasi, jika disetujui maka Google akan mengirimkan kode verifikasi via pos ke alamat yang tertera. Pengiriman kode verifikasi sengaja dilakukan melalui pos, untuk memastikan bahwa kode diterima oleh pemilik bisnis. Kode tersebut bisa digunakan untuk mengaktifkan akun Google Bisnisku. Metode verifikasi lainnya yang bisa dipilih adalah melalui  voice call dan kode yang langsung dikirimkan lewat email pemilik.

Aplikasi yang sudah hadir di Indonesia sejak akhir 2014 ini, terus disosialisasikan dengan melakukan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, dan juga rencananya Google akan mengirimkan agen-agen ke daerah-daerah untuk mengajak para pelaku UKM bergabung dengan Google Bisnisku.

Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana
Image: google bisnisku