(Business Lounge – Business Insight) – E-commerce raksasa Alibaba juga bertaruh bahwa basis pengguna yang luas dapat dimanfaatkan di sektor medis. Tahun lalu, dana perusahaan dan private equity swasta Yunfeng Capital membeli saham listed pengendali di Hong-Kong CITIC 21CN senilai US $ 171 juta mengubah nama unit yang terdaftar menjadi Alibaba Health Information Technology Ltd. Awal bulan ini, Alibaba mengatakan telah setuju untuk mengintegrasikan bisnis farmasi online dengan unit terdaftar ini.
CITIC 21CN mengoperasikan 95095.com, salah satu dari tiga platform online yang diperbolehkan untuk menjadi apotik online, memberikan konsumen kesempatan untuk membandingkan harga sebelum mereka menempatkan pesanan. Situs ini telah beroperasi di bawah lisensi pilot kualifikasi dari State Food and Drug Administration sejak September 2013.
Menggambarkan kemampuan cloud-computing-nya, Alibaba mengatakan ingin menjadi tulang punggung untuk rumah sakit, terutama di tingkat kota yang lebih rendah.
Ma Li, wakil presiden strategi dan produk di Alibaba Health Information Technology Ltd, mengatakan perusahaan berencana untuk meluncurkan sebuah aplikasi yang memungkinkan pasien untuk mencari produk secara online dan mengambil pilihan mereka dari apotik terdekat.
Lembaga-lembaga publik juga telah memasuki pasar. Rumah Sakit Zhongshan yang berbasis di Shanghai telah meluncurkan layanan yang memungkinkan pasien untuk membayar tagihan medis dengan kartu kredit atau debit China UnionPay melalui aplikasi smartphone.
“Target konsumen kami adalah mereka yang berulang kali harus datang ke rumah sakit karena penyakit kronis,” kata Yin Yiqing, kepala komputer dan jaringan pusat di Rumah Sakit Zhongshan. “Sistem pembayaran UnionPay menyediakan perhitungan otomatis berapa pasien berhutang dari sakunya sendiri setelah dikurangi oleh kontribusi asuransi kesehatan nasional.”
Yin mengatakan membawa banyak sumber perawatan kesehatan yang tersebar di banyak lokasi menjadi satu platform terpadu akan memperkuat sistem kesehatan.
Sektor kesehatan mobile dan elektronik senilai 3 miliar yuan (US $ 483 juta) pada tahun 2014 dan diperkirakan akan mencapai 12,5 miliar yuan pada 2017, menurut McKinsey Co. Akibatnya, perawatan e-kesehatan menarik investasi luas. Beberapa 80 penawaran yang deal di sektor swasta tahun lalu jumlah suntikan dananya sampai sebesar US $ 1,7 miliar.
“Meningkatnya keterlibatan perusahaan-perusahaan Internet di industri farmasi membuat sulit bagi investor untuk membuat penilaian yang wajar,” kata Yu Wenxin, kepala analis farmasi di Haitong Securities. “Mereka tidak terbatas hanya perusahaan medis dan mereka sedang mendekati industri lain dengan cara yang berbeda.”
Norman Chen, mitra usaha di Fidelity Pertumbuhan Partners Asia, mengatakan ada kekhawatiran tentang overheating dan kemungkinan gelembung terbentuk di pasar perawatan kesehatan digital. Perusahaan modal ventura harus bergerak cepat dan untuk tetap fokus strategis mereka, katanya. Setiap orang menunggu untuk melihat apa peran mereka, jika ada, pemerintah berencana untuk mengambil.
Peraturan tentang hak-hak dan kewajiban pelayanan tele-medis ini masih belum ada pada saat ini, kata Liu Chunquan, mitra senior dan pengacara dengan Law Firm Panocean. Dia mengatakan dia mendukung aturan ketat terkait dengan kemitraan bisnis antara lembaga medis dan perusahaan komersial.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri

