(Business Lounge – Business Today) – Nike, produsen perlengkapan olah raga asal Amerika Serikat, melaporkan profit yang lebih baik dibandingkan dengan yang diprediksi sebelumnya. Peningkatan keuntungan tersebut dikarenakan market share Nike yang meningkat di Eropa. Nike menyatakan jika permintaan pasar terhadap sepatu dan pakaian olah raga mereka mengalami peningkatan sebesar 14 persen. Peningkatan yang paling tinggi tersebut merupakan pemesanan di antara bulan September dan Januari.
Dengan adanya peningkatan tersebut menyebabkan peningkatan hingga mencapai 6,5 persen pada perdagangan di bursa New York. Performa Nike yang meningkat tersebut didukung oleh kondisi dari para pesaingnya yang kurang memiliki performa yang baik saat ini. Adidas saat ini tengah mengalami fase yang berat. Market share Adidas di Eropa mengalami penurunan hingga menjadi 12,6 persen, sebelumnya pada tahun 2012 market share Adidas adalah sebesar 13,2 persen. Selain brand Adidas perlengkapan olah raga lainnya yang juga mengalami penurunan adalah Reebok.
Target Nike berikutnya adalah menjadi yang terdepan di sembilan pasar sepak bola di seluruh dunia. Target tersebut dianggap realistis bagi Nike karena saat ini Nike lebih unggul di pasar sepak bola dunia. Pada pergelaran World Cup di Brazil tahun ini adalah pertama kalinya Nike mensponsori lebih banyak tim nasional dibandingkan dengan Adidas. Lebih banyak pemain sepak bola yang memakai brand Nike dibandingkan dengan brand lainnya.
Afif Bahar/Analyst Vibiz Research/VMN/BL
Editor: Iin Caratri