Casual Yet Classy

(Business Lounge – Entrepreneurial News) Bagi para pecinta produk sneakers lokal, nama brand Havehad bukanlah sesuatu yang asing lagi.  Brand sneakers dengan konsep “Casual Classy Sneakers” ini dibuat oleh tiga bersahabat Marvin, Chandra dan Andi semasa kuliah mereka di Universitas Prasetya Mulya. Berawal dari tugas wajib dari kampus, brand sneakers berlogo dua kunci ini tidak berhenti setelah masa kuliah.

Setelah menamatkan studi, tiga sahabat ini terus mengembangkan Havehad sembari mencari pengalaman bekerja. Hasilnya, brand ini terus berkembang di pasaran lokal dan diincar oleh kaum urbanist.

“Kita pengen Havehad ini jadi  sesuatu yang esensial buat cowok yang kreatif dan urban. Logo kunci di Havehad adalah sebagai simbol key leader di market.” ujar Marvin.

original_151_64j_ltx_blue_dpn

LTX Midnight Blue. Picture by havehadworld.com

Ketika ditanya apa yang membuat ketiga sahabat ini berani meneruskan bisnis ini, Andi, yang telah mengeyam pendidikan S2 jurusan even management di Inggris, menerangkan masyarakat Indonesia sekarang sudah sangat memberikan perhatian kepada produk lokal, ditambah lagi dengan banyaknya dukungan dan inisiatif dari pemerintah kepada produsen lokal dan UKM untuk meningkatkan kualitas produksi, tak ayal lagi, Havehad mendapatkan keuntungan dari situasi ini.

“Sekarang banyak toko yang memberi kesempatan buat produk lokal. Perhatian pemerintah dan media juga banyak kepada produsen lokal” ujarnya.

Selain dijual di website dan toko-toko dalam negeri, produk Havehad bahkan dilirik oleh konsumen asing dan juga dijual oleh seller dari negara tetangga Indonesia, Singapore. Ketika ditanya bagaimana metode awal mereka untuk terjun ke pasar, Havehad menceritakan kepada businesslounge.co bagaimana caranya sneakers ini mendapatkan pasar.

“Harus ada riset pasar dulu. Kita harus tahu bagaimana respons masyarakat.” ujar Chandra.

Dari situ, lanjutnya lagi, barulah diproduksi dan dipublikasikan. Berkat riset ini, Havehad juga menemukan metode  untuk menampilkan produk yang  fresh dan baru tiap seasonnya. Produk mereka seperti Himara, misalnya, tergolong unik karena merupakan inovasi kombinasi antara sepatu gunung dan sneakers. Sementara produk seperti Cameo, menggabungkan antara unsur atletik dan elegan.

Businesslounge.co sendiri juga berkesempatan mencoba sneakers dari Havehad untuk membuktikan filosofi “casual classy sneakers” yang diusung Havehad. Sneakers ini, selain dapat dipakai untuk event casual, ternyata juga cocok dipakai untuk kegiatan bisnis resmi sehari-hari.

 

gkgkg

Himara Dark Blue for young entrepreneur. Picture by businesslounge.co

SEP_7595

Cameo Natural White for after work driving practice. Picture by businesslounge.co

“Tiap enam bulan sekali, kami launch produk baru. Tiap tiga bulan sekali, kami refresh warna dan material dari yang sudah ada. ” ujar Marvin.

Ketika ditanya rencana kedepannya, Marvin berkata bahwa mereka akan terus menciptakan produk yang memiliki karakter dan emosional didalamnya.

“Seperti konsep awal, kami ingin terus menghasilkan produk yang memiliki karakter, emosi, unsur art, namun juga harus tetap terlihat elegan.”

Arum/Journalist/VMN/BL

Editor: Iin Caratri

Image : Sonang Elyas

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x