(Business Lounge – Tech & Gadget) Meskipun sebelumnya sempat dikabarkan penjualan mengalami penurunan, nampaknya hal itu tidak mempengaruhi posisi iPad besutan Apple sebagai tablet yang paling memuaskan bagi konsumen.
Menurunnya penjualan iPad memang dikarenakan makin banyaknya kompetitor menghadirkan tablet dengan sistem operasi Android terutama Samsung melalui tablet seri Galaxy Tabnya. Namun hal itu nyatanya tidak membuat tablet besutan Samsung itu menjadi tablet yang paling memuaskan bagi konsumen.
Seperti yang dilansir dari Mashable, menurut penelitian yang dilakukan J.D. Power terhadap konsumen di Amerika Serikat, tablet besutan Apple yaitu iPad mendapat skor tertinggi sebesar 830. Tablet iPad paling memuaskan di segala faktor, kecuali pada faktor biaya.
Sementara itu kompetitornya Samsung menempati peringkat kedua tablet paling memuaskan dengan skor 822 dan mencapai nilai di atas rata-rata dalam fitur, styling, desain, dan faktor biaya.
Selain kedua merek tersebut, tablet yang dinilai konsumen paling memuaskan adalah tablet milik Asus, Amazon, dan Acer.
Meskipun harga jadi faktor penting, tetapi konsumen tetap mempertimbangkan reputasi merek. Sebesar 50 persen konsumen mengatakan bergantung pada reputasi merek. Selain itu, keputusan konsumen membeli merek sebuah tablet juga dipengaruhi oleh informasi yang disampaikan pada situs web produsen 47 persen dan rekomendasi dari teman, keluarga, atau kolega 46 persen.
Studi kepuasan konsumen tablet di Amerika Serikat pada tahun 2014 ini melibatkan 2.513 pemilik tablet yang memakai perangkat tersebut kurang dari setahun. Penelitian ini dilakukan dari September 2013 hingga Februari 2014, yang mengukur lima faktor, yaitu kinerja, kemudahan mengoperasikan, fitur, gaya dan desain, serta biaya.
(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge-Mashable)
Editor : Fanya Jodie

