(Business Lounge – Tech & Gadget) Setelah dalam beberapa tahun terakhir pesona perangkat tablet kian bersinar sehingga mampu menyisihkan netbook, namun kini kenyataannya pesona perangkat tablet seakan kian menurun.
Seperti yang dilansir dari Phone Arena, menurut laporan hasil riset yang dilakukan Digitimes Research, pengiriman tablet ke seluruh dunia pada kuartal pertama 2014 hanya mencapai 58,56 juta unit.
Jumlah itu disebutkan mengalami penurunan sebesar 30 persen dibanding kuartal sebelumnya. Akan tetapi, angka pengapalan kuartalan tersebut meningkat sebesar 4,6 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Raksasa teknologi Samsung menjadi perusahaan yang paling bersemangat mendongkrak pasar tablet dunia dengan menggelontorkan produknya yang mengisi pasar kelas atas maupun kelas menengah ke bawah.
Selain itu, vendor komputer asal China, Lenovo ikut berusaha mendorong pengiriman produk tabletnya di periode Januari hingga Maret. Peneliti menyebutkan Lenovo melakukan usaha itu demi mencapai target tahunannya.
iPad sebagai penguasa pasar tablet dunia pun dikabarkan mengalami angka pengapalan yang menurun drastis. Merosot 16 persen dibanding kuartal sebelumnya, pengapalan iPad hanya mencapai 16,3 juta unit.
Tablet non-iPad yang dikirim ke seluruh dunia mencapai 22,31 juta unit yang lebih dari 30 persen permintaannnya didominasi merek Samsung, Lenovo dan tablet Windows besutan Asustek. Sedangkan pengiriman tablet white-box hanya mencapai 20,4 juta unit yang disebabkan pengaruh liburan Imlek.
Apple dan Samsung masih menjadi dua jawara di kuartal pertama 2014 dengan selisih yang kian tipis. Lenovo menempati posisi ketiga dan diikuti Asustek Computer di posisi keempat. Amazon dan Google melorot ke nomor 7 dan 10 di daftar pengirim tablet ke pasar global.
(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge-Phone Arena)
Editor : Fanya Jodie