(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Metode smart adalah sebuah metode lama yang banyak digunakan orang karena walaupun simple tetapi cukup efektif untuk menentukan dan mencapai suatu tujuan.
Menentukan tujuan memerlukan pemikiran yang serius dan butuh mengasah otak. Ini dilakukan untuk membangun tujuan di dalam pikiran.
Adapun komponen SMART adalah sebagai berikut :
SPESIFIC : spesifik
Tujuan harus detail atau terinci, sebab semakin spesifik tujuan yang kita tetapkan, semakin jelas apa yang harus kita kerjakan untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus membayangkannya.
MEASURABLE : terukur
Tentukan tujuan yang terukur sehingga Anda bisa menentukan perkembangannya secara spesifik. Misalkan Anda seorang marketing atau sales.
Misalkan tujuan yang hendak Anda capai pada tahun kedua Anda menjadi the best marketing , dst. Pepatah kuno berkata sesuatu yang bisa diukur, pasti bisa dicapai.
ATTAINABLE : bisa dicapai
Ingat semakin spesifik tujuan yang Aanda tetapkan, semakin mudah Anda menentukan apa yang harus Anda lakukan. Anda akan mendidik diri untuk mencapai tujuan itu
REALISTIC : realistis
Kita tetap harus sadar sepenuhnya dalam menentukan tujuan agar tetap realistis.
Meskipun demikian, memiliki impian tetaplah realistis.
Tetapi Anda harus tetap memperhitungkan hasil yang akan Anda dapatkan atau cara untuk menggapai impian itu. Jika tidak ada kemampuan untuk meraihnya, itu yang dikatakan tidak realistis.
TIME BOUND : terikat waktu
Hal ini adalah sesuatu yg penting.
Setiap tujuan harus memiliki dateline. Ini untuk mencegah tujuan Anda molor dari waktu ke waktu.
Metode smart ini dapat Anda pakai untuk membantu mewujudkan impian Anda.
Silahkan mencoba & Salam Sukses.
(Ria Felissa/AA/TML)