(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Membuat rencana atas bisnis Anda adalah hal utama yang menjadi kunci keberhasilan bisnis Anda. Tanpa suatu perencanaan maka bisnis Anda akan berjalan tanpa target maupun strategi. Tidak hanya membuat rencana bisnis yang harus Anda kerjakan, tetapi rencana pemasaran adalah hal penting yang tidak bisa Anda abaikan, karena tanpa pemasaran Anda tidak akan meraih target bisnis Anda.
Rencana bisnis Anda secara umum membangun kerangka keseluruhan bisnis Anda, sedangkan rencana pemasaran Anda harus berdiri sendiri, fokus secara spesifik, dan lebih detail.
Ketika seorang pemilik bisnis ingin masuk lebih dalam ke suatu strategi marketing maka mereka perlu menggabungkan rencana detail yang menjadi kerangka dari tujuan-tujuan marketing mereka – demikian juga langkah-langkah yang diperlukan untuk mengerjakannya.
Komponen-komponen standard sebuah rencana marketing yang efektif bisa beragam. Berikut adalah lima langkah mengembangkan suatu rencana marketing untuk mencapai tujuan-tujuan pengembangan bisnis Anda.
Langkah ke Satu: Lihatlah ke Dalam (Faktor Internal)
Bayangkanlah perusahaan Anda sama seperti seseorang dengan identitas dan kepribadian uniknya tersendiri. Dengan kerangka pikiran seperti ini mulailah membuat daftar secara terpisah, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan tujuan-tujuan bisnis Anda. Catat satu persatu dan buat daftar yang lengkap.
Lalu temukan prioritas dari poin-poin yang Anda tuliskan. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan memiliki lebih banyak dari yang bisa Anda gunakan, dan beberapa lebih penting dari lainnya. Buang poin yang tidak terlalu penting dan pindahkan yang penting ke urutan pertama daftar Anda.
Langkah ke Dua: Lihatlah ke Luar (Faktor Eksternal)
Daftar berikutnya yang Anda butuhkan adalah membuat outline dari kesempatan-kesempatan (Opportunities) dan ancaman-ancaman (threat) atas bisnis Anda. Kedua hal ini merupakan faktor eksternal bagi bisnis Anda – faktor-faktor yang tidak dapat Anda kendalikan tetapi dapat diprediksikan. Kesempatan (Opportunities) mencakup pasar yang baru, produk baru ataupun trend yang cocok dengan bisnis Anda. Sedangkan ancaman mencakup kompetisi dan kemajuan teknologi yang tidak menguntungkan.
Buat juga daftar dari orang-orang ataupun organisasi yang Anda temukan cocok sebagai pembeli ataupun target market yang ideal. Letakkan diri Anda sebagai pembeli ideal dan pikirkanlah mengenai media yang dia gunakan dan pesan apa yang bisa mengkomunikasikan penawaran Anda secara efektif. Simpan identitas Anda dalam pikiran Anda saat Anda menemukan target market Anda.
Langkah ke Tiga: Fokus Kepada Strategi
Sekarang waktunya untuk menarik bersama-sama seluruh daftar Anda. Lihatlah kepada gabungan dari identitas unik dan target market Anda. Mengacu kepada penawaran bisnis Anda, apakah yang bisa dikeluarkan dari daftar karena tidak strategis? Lalu pikirkan juga untuk mengeluarkan yang tidak ada di dalam target market Anda.
Hasil dari langkah ke tiga adalah strategi : persempit fokus Anda pada apa yang paling sesuai dengan identitas Anda dan paling menarik bagi target market Anda.
Langkah ke Empat: Tetapkan Langkah-Langkah yang Bisa Diukur
Mulailah mendaftar poin-poin secara detail yang konkrit dan dapat diukur. Strategi marketing Anda harus menjadi suatu rencana yang mencakup review, tracking, pengukuran , perkiraan penjualan, budget dan metrik non moneter secara bulanan, untuk memonitor perkembangan yang berlangsung. Hal ini mencakup presentasi, panggilan telepon, link, blog, page views, conversion rates, proposals and trips, among others.
Padukan tugas-tugas penting kepada tim Anda dan yakinkan mereka bahwa mereka bertanggung jawab untuk kesuksesan dan kegagalan mereka.
Langkah ke Lima: Berulangkali Mereview dan Memperbaikinya
Hal yang sama seperti Anda lakukan atas rencana bisnis Anda, rencana pemasaran Anda harus terus berkembang sesuai dengan bisnis Anda. Asumsi-asumsi Anda akan berubah, itu sebabnya sesuaikan dengan perubahan lanskap bisnis yang berlansgsung. Beberapa bagian dari rencana itu akan bekerja lebih baik dari yang lain, untuk itu Anda harus me-review dan memperbaikinya untuk mengakomodasikan apa yang Anda pelajari saat menjalaninya.
Selamat membuat rencana bagi pemasaran bisnis Anda. Sukses menyertai Anda.
(Dyah M Nugrahani/AA/TML)