Pentingnya Keterlibatan Pelanggan dalam Berbisnis

(Business Lounge Journal – Marketing)

Keterlibatan pelanggan penting untuk membangun loyalitas merek dan mendorong bisnis yang berulang. Keterlibatan pelanggan mengacu pada tingkat antusiasme yang dihasilkan bisnis Anda di antara pelanggannya. Keterlibatan pelanggan sangat penting untuk mendorong bisnis yang berulang dan mempertahankan reputasi merek yang kuat.

Mempertahankan keterlibatan pelanggan adalah proses berkelanjutan yang berlanjut lama setelah prospek berubah menjadi pelanggan yang membayar. Melibatkan pelanggan Anda adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses. Hanya menjual produk atau layanan tidak cukup untuk dapat menarik dan mempertahankan pelanggan yang setia. Jika Anda ingin benar-benar terhubung dengan audiens Anda dan membangun hubungan bisnis yang langgeng, Anda harus melakukan upaya berkelanjutan.

Apakah itu keterlibatan pelanggan?
Keterlibatan pelanggan akan melibatkan peningkatan pengalaman pelanggan melalui interaksi pelanggan yang positif dan upaya perusahaan itu sendiri. Ini dapat dicapai melalui berbagai saluran, dari platform media sosial hingga blog perusahaan Anda. Idenya adalah untuk mempertahankan dan terus memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan Anda secara berkelanjutan sehingga Anda dapat terus mengembangkan audiens yang terlibat.

Produk dan layanan Anda seharusnya tidak menjadi satu-satunya nilai yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda, meskipun Anda tetap harus mendukungnya. Meskipun mereka mungkin menjadi faktor pendorong, terutama di awal suatu bisnis, Anda harus memastikan bahwa Anda membuat konten berkualitas yang dapat diakses pelanggan Anda secara gratis. Hal ini akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Keterlibatan pelanggan ini sesungguhnya lebih dari sekadar mendorong penjualan. Agar pelanggan tetap terlibat, Anda perlu menawarkan dukungan dan komunikasi yang bermakna.

Apakah manfaat membangun strategi keterlibatan pelanggan?

Membangun strategi pemasaran keterlibatan pelanggan sangat penting untuk membangun hubungan yang langgeng dengan audiens Anda. Pelanggan yang terlibat biasanya adalah pelanggan yang setia.

Keterlibatan pelanggan bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan untuk menciptakan hubungan pribadi yang mendalam dengan merek. Pelanggan perlu merasa dihargai dan dihargai lebih dari sekadar uang yang mereka keluarkan. Merek yang menunjukkan bahwa mereka berdedikasi pada kebutuhan pelanggannya akan dihargai oleh para pelanggan setianya. Selain itu, keterlibatan pelanggan membantu membedakan bisnis Anda dari orang lain di industri Anda.

Membangun strategi keterlibatan pelanggan sangat penting, karena inilah yang memberi merek Anda keunggulan dibandingkan para pesaing. Anda harus ingat bahwa merek Anda memiliki nilainya sendiri, dan jika itu berdampak positif pada pelanggan Anda, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak bisnis. Untuk perusahaan kecil, strategi keterlibatan pelanggan yang positif dapat menghasilkan rujukan yang lebih tinggi dari mulut ke mulut.

Berikut adalah beberapa contoh kampanye keterlibatan pelanggan yang sukses.

1. #ShareACoke
Pada tahun 2014, Coca-Cola meluncurkan kampanye yang disebut #ShareACoke, yang mengganti logo pada botol Coke dengan 250 nama umum. Karena itu adalah kampanye yang dipersonalisasi (atau terasa seperti itu bagi mereka yang namanya tercetak di botol Coca-Cola), hal itu menarik perhatian orang-orang di seluruh negeri. Pelanggan membeli botol untuk teman dan orang terkasih lainnya, mengambil foto untuk dibagikan secara online dan membeli minuman dengan nama mereka sendiri untuk ikut serta dalam kesenangan bersama-sama.

2. Starbucks Reserve Roasteries and Tasting Room
Starbucks memulai inisiatif yang disebut Starbucks Reserve Roasteries, yang membuka roastery di seluruh dunia, memungkinkan pelanggan untuk mengunjungi dan melihat secara langsung bagaimana kopi merek diseduh dari biji segar. Di lokasi-lokasi tersebut, Anda juga bisa mencicipi berbagai jenis kopi unik dan berbincang dengan para ahli kopi. Dengan menawarkan pelanggan pandangan dalam proses pembuatan kopi perusahaan, Starbucks secara aktif melibatkan pelanggan yang tertarik dengan kopi dan pengalaman ritel yang mendalam.

Merek yang sudah ternama umumnya membuat kampanye keterlibatan pelanggan setiap saat, dan meskipun hal itu tidak selalu secara langsung mendorong penjualan, tetapi biasanya sangat memperkuat loyalitas pada merek tersebut.