Strategi Marketing Infiniti ‘ Japanese Luxury Car ’

(Business Lounge – Sales) – Infiniti  merupakan sebuah perusahaan otomotif asal Jepang yang merupakan divisi mewah dari Nissan Motor Co., Ltd.. Infiniti, awalnya dibentuk di Amerika Serikat pada tahun 1989 oleh orang tua Jepang, Nissan Motor Company. Infiniti  memproduksi mobil mewah kinerja, coupe, crossover dan kendaraan sport (SUV). Brand promise-nya adalah  ‘Inspired Performance’.   Infiniti bermarkas di Tokyo. Nama Infiniti tidak digunakan di Jepang.   Semua model Infiniti dijual dibawah merk Nissan: G37 sedan/coupe (Nissan Skyline Coupe), M35/45.

Perusahaan ini sekarang beroperasi di 15 negara dan mempunyai 230 dealer di seluruh dunia.   Dan saat ini  telah merambah  ke Timur Tengah, Korea Selatan, Rusia, China, Taiwan, dan Ukraina.

Sejarah Infiniti

Tahun 1989,  Merk Infiniti diperkenalkan di Amerika Serikat. Infiniti berusaha untuk memproduksi mobil premium di AS yang imagenya sudah tidak cocok dengan produk Nissan kebanyakan. Dia pertama kali meluncurkan Q45, yang pemgembangannya berdasarkan Nissan President dengan wheelbase yang lebih kecil. Q45 dibekali mesin V8 dengan tenaga 278 hp (207 kW), four wheel steering, dan sistem suspensi aktif. Sehingga, Q45 bisa kompetitif dengan sedan mewah lain macam Mercedes S-Class, BMW 7 series, Jaguar XJ, dan Cadillac Fleetwood. Walaupun begitu, Q45 hanya berhasil terjual lebih sedikit daripada kompetitornya dari Toyota, Lexus LS. Dia  juga meluncurkan coupe 2-door M30(1990) yang dibekali mesin berkode VG30E yang mengeluarkan tenaga 162 hp (121 kW). M30 coupe ini berbobot 1540 kg dan dibekali transmisi otomatis.

Tahun 1991, Infiniti meluncurkan model ketiganya dengan meluncurkan Infiniti G20 yang merupakan pengembangan dari Nissan Primera dan juga model mewah dari Nissan Sunny. Infiniti G20 memiliki mesin berkode SR20DE dan bertenaga 150 bhp (112 kW/152 PS) dengan multi-port fuel injection untuk memperbaiki performa

Tahun 1992, dia  meluncurkan J30 dengan mesin berkode VG30DE bertenaga 210 hp.

Strategi Marketing Infiniti

Strategi merupakan satu  rencana dari sebuah bisnis.   Untuk mencapai tujuan dan sasarannya maka  Infiniti  membuat  tujuan utama dari  strategi pemasarannya  adalah untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkannya di pasar yang baru  maupun pasar yang sudah dimilikinya.
Persaingan yang terjadi pada industri mobil di pasar global yang ada pada saat ini sangat kompetitif.  Banyak raksasa-raksasa industri mobil di masa lalu yang saat ini mulai tersingkir.  Karena itu Infiniti yang merupakan pendatang  baru dalam industri  mobil mewah membuat satu  strategi pemasaran yang inovatif dan menantang, dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness dari  brand dan menampilkan keunggulannya sendiri.

Pasar global yang semakin meningkat membuatnya secara agresif menciptakan produk-produk baru, mengembangkan daerah pemasaran dan secara konsisten mempromosikan citra dari brand Infiniti.

Untuk memenangkan pasar global maka dia harus mengidentifikasi akan keinginan dan kebutuhan customer di pasar nasional  sebelum memenangkan akan pasar internasional.   Infinit Formula satu /  F1  merupakan satu elemen kunci dari strategi yang kreatif untuk membangun brand awareness di pasar internasional.

Dalam hal ekspansi pasar,  maka strategi ekspansinyaberfokus pada negara-negara di mana permintaan untuk kendaraan mewah yang tinggi seperti di China . Saat ini  Infiniti   terdapat  di 47 negara melalui 450 Infiniti Pusat (dealer). Pasar utamanya adalah  Amerika Utara,  Cina,  Rusia,  selanjutnya adalah  benua Eropa dan Australia.  Pada tahun 2016, Infiniti mentargetkan  untuk memiliki lebih dari 800 centres.  Dengan tujuan jangka panjangnya  adalah  hendak  meraih 10 %   pasar kendaraan mewah/luxury vechicle market.

Demikianlah strategi marketing dari  sebuah industri mobil mewah dari Jepang, “ Infiniti “  the modern Japanese luxury car yang berslogan  ‘Inspired Performance’ dalam memenangkan pasar industri mobil dunia.

(Debbie Kusuma/IC/BL)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x