(Business Lounge – Global News) UNIQLO sangat pandai memanfaatkan kesempatan. Gembar gembor pembangunan theme park terbesar di dunia yang telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2011, telah dijadikannya sebagai peluang bisnis. Sebelum theme park terbesar tersebut resmi berdiri, sebuah toko Disney terbesar di dunia sudah dibuka di Sanghai. (Baca: Toko Disney Terbesar di Dunia Dibuka di Shanghai). Chairman dan CEO Disney, Bob Iger pun sudah mengungkapkan rincian Shanghai Disneyland yang akan dibangun pada bulan lalu. (Baca: Disney Pamerkan Rencana Pembangunan Theme Park di Shanghai). Maka sudah dapat dipastikan akan terbuka sebuah peluang bisnis yang besar di Tiongkok. Sehingga wajar saja UNIQLO mengarahkan pandangannya ke sana.
MAGIC FOR ALL – Ide yang Brilliant
UNIQLO pun menggandeng Disney kembali untuk melakukan kolaborasi dalam memasarkan produknya. Perusahaan fast retailing asal Jepang tersebut akan meluncurkan program yang disebut MAGIC FOR ALL! Bentuk kolaborasi baru ini akan memperluas koleksi karakter Disney yang sudah dimiliki UNIQLO. Karakter-karakter yang dikeluarkan bukan hanya karakter Disney klasik seperti Mickey dan Minnie, tetapi juga karakter-karakter favorit anak-anak yang terbaru, di antaranya seperti Elza pada film ‘Frozen’ dan juga para super heroes pada film ‘Avangers’, yakni Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow. Tidak hanya dari kedua movie tersebut, kabarnya serial movie “Star Wars” yang akan tampil episode terbarunya juga akan hadir dalam koleksi Disney UNIQLO, diikuti oleh beberapa karakter dari Disney-Pixar, seperti dari film “Toy Story”.
Magic for All Manfaatkan Ketenaran Tokoh-tokoh Disney
Semenjak tahun 2009, banyak retailer asal Jepang yang telah menghasilkan t-shirt dan hoodies dengan tampilan karakter klasik Disney seperti Mickey dan Minnie Mouse. Kali ini tokoh karakter anak-anak tersebut akan menampilkan diri mereka pada fleeces, kemeja flanel, payung, mainan mewah, dan banyak lagi. Direktur desain Uniqlo, Naoki Takizawa, mengatakan bahwa Carine Roitfeld, seorang model dari Prancis, akan turut ikut serta dalam merancang design UNIQLO untuk program MAGIC FOR ALL! Uniqlo akan meliris 40 pakaian yang merupakan hasil kerja sama dengan model asal negara yang terkenal dengan fashion-nya itu. Program ini akan melakukan debut untuk pertama kalinya di Expo D23 di Anaheim, California, pada tanggal 14 Agustus, acara dua tahunan untuk para penggemar Disney.
Manfaatkan Kesempatan Kembangkan Bisnis di Tiongkok
Di saat yang bersamaan, Uniqlo memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usahanya di Shanghai, Tiongkok. Yanai, kepala eksekutif dari Uniqlo Fast Retailing Co., menyatakan bahwa perdagangan kemeja dan celana jeans seperti yang dijual di Uniqlo tetap memiliki harga jual yang tinggi, walaupun negara tirai bambu tersebut sedang dilanda krisis korupsi dan perlambatan ekonomi. Ciri-ciri produk Uniqlo yang mudah untuk di mix-and-match ternyata mendapat permintaan yang kuat dari para anak-anak muda di Tiongkok, karena mereka dapat memakainya ke tempat kerja dan lingkungan luar.
Pada akhir September, UNIQLO untuk pertama kalinya akan meluncuran konsep pertokoan baru yaitu UNIQLO Shanghai Global Flagship Store di Shanghai sebagai salah satu program dari MAGIC FOR ALL! Alasan mengapa UNIQLO memilih Shanghai sebagai area peluncuran Global Flagship Store adalah di daerah itulah untuk pertama kalinya Disney akan mendirikan theme park pada tahun depan. Selain itu, Ben Cavender, dari China Market Research di Shanghai menyatakan bahwa Global Flagship Store ini juga dapat membantu Disney untuk memunculkan nama brand-nya tidak hanya dalam industri hiburan anak-anak, tetapi juga industri fashion. Meskipun terletak di Shanghai, para penggemar UNIQLO tidak perlu khawatir, karena seperti namanya, Global Flagship Store, produk UNIQLO juga akan tersedia di toko-toko UNIQLO di seluruh dunia, termasuk toko merek baru di Disney Springs, Walt Disney World yang akan dibuka pada musim semi 2016. Program ini merupakan langkah UNIQLO untuk menimbulkan kesadaran pada masyarakat terhadap brand UNIQLO sebagai Global Fast Retailling Company.
Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: uniqlo