(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Apa yang ada dalam benak kita ketika kita mendengar kata “ bazaar” atau “ sale” ? Maka pikiran kita akan mengarah pada barang murah, bagus dan langka serta unik. Bahkan barang yang biasanya dijual di mal-mal juga terdapat di arena ini.
” Bazaar” biasanya sangat identik dengan ibu rumah tangga. Kenapa ibu rumah tangga ? Karena menurut survei maka sebagian besar keuangan keluarga dipegang dan dikelola oleh ibu rumah tangga , jadi ibu ini sendiri tahu mana cadangan dana yang masih dapat dikelola. Dalam berbagai event bazaar yang dilaksanakan baik di lobby gedung perkantoran, di tempat parkiran rumah sakit ataupun di depan perkantoran maka pastilah akan diramaikan dan dihadiri dengan kehadiran ibu rumah tangga.
Ibu rumah tangga akan banyak membeli barang-barang keperluan rumah mereka. Mengapa target dari bazaar adalah ibu rumah tangga ? Selain karena keuangan dipegang oleh mereka maka umumnya ibu rumah tangga memiliki sifat yaitu konsumtif, cenderung boros, orientasi pada keluarga . Maka sebelum event organizer dari bazaar melakukan hal ini maka pertama kali yang dapat dilakukan adalah melakukan survey lapangan untuk melihat apa yang merupakan kebutuhan mereka khususnya , target market, siapa saja pengunjung yang terbanyak, atau berapa pendapatan sebulan dari seorang karyawan’.
Dengan cara ini maka event organizer di bidang Bazar dapat dengan kreatif menawarkan kepada user untuk membuka satu stand dan menyewakan . Ini merupakan cara-cara untuk kita dapat menjual dengan lebih baik dan lebih gencar.
(Lina Moses/AA/TML)