Lawson Saingi 7-Eleven Dengan Beli Supermarket Kelas Atas di Jepang

(Business Lounge – Business Insight)  Untuk menyaingi rivalnya perusahaan yang mengoperasikan 7-eleven, salah satu operator supermarket terbesar Jepang Lawson Inc akan membeli peritel supermarket kelas atas di Jepang yaitu Seijo Ishii Co. Usaha supermarket yang lahir dari kota Ohio-Amerika Serikat dan dimiliki 100% pengusaha di Jepang ini akan menyaingi rivalnya dengan menambah jumlah tokonya.

Usaha Lawson membeli peritel supermarket tersebut dengan membeli seluruh saham perusahaan yang berdiri sejak tahun 1927 dan berpusat di tokyo seharga ¥ 36,3 Miliar dari perusahaan dana investasi Marunouchi Capital. Kesepakatan pembelian saham tersebut diharapkan akan selesai pada akhir Oktober.

Namun jika dihitung lagi, Japan Today merilis bahwa kesepakatan kedua perusahaan ini menjadi 55 miliar yen. Pasalnya selain membayar jumlah sahamnya juga membayar jumlah utang Seijo Ishii Co.  Dan dana untuk membeli perusahaan ini juga diperoleh Lawson dari kas dan pinjaman Bank.

Kesepakatan yang akan membantu Lawson lebih diversifikasi bisnisnya dan juga memperluas jaringan ritelnya, diharapkan akan selesai pada akhir Oktober ini.  Seijo Ishii memiliki lebih dari 100 toko di Jepang dan paling banyak dibuka  di stasiun kereta api dan pusat perbelanjaan besar.

Seijo Ishii merupakan supermarket yang jika disamakan di Indonesia dengan supermarket Ranch Mart namun dengan toko yang lebih kecil. Dan di Jepang keberadaannya cukup populer dan ada di antara pusat pertokoan dan juga pusat perbelanjaan.

Untuk menyaingi 7-eleven, Lawson menargetkan memiliki 700-800 toko  Lawson Mart di Jepang dalam tiga tahun ke depan. Sebelumnya supermarket ini membuka layanan 24 jam dengan menambah produknya seperti produk segar dan makanan siap saji.

Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image:wikimedia