(Business Lounge – Tech & Gadget) Apakah Anda mengenal fungsi Hashtag (tanda ‘#‘)? Sebagian besar mungkin sudah mengenal, apalagi jika Anda pengguna aktif sosial media seperti Instagram dan juga Twitter, karena fungsi ini sudah lama ada pada kedua media sosial tersebut.
Fungsi dari Hashtag ini adalah untuk mengkategorikan sebuah status/ pembicaraan, sehingga memudahkan Anda mengelompokkan dan mencari pembicaraan yang memiliki topik yang sama.
Cara kerjanya pun sederhana. Misal setiap Anda menulis status tentang tips pembuatan toko online, Anda bisa memberikan hashtag #pembuatantokoonline atau #tipsmembuattokoonline. Jadi, Apabila Anda klik pada hashtag #tipsmembuattokoonline tersebut, maka semua tulisan yang diberi hashtag #tipsmembuattokoonline akan ditampilkan, walaupun itu adalah tulisan orang lain.
Namun seperti yang dilansir dari socialmediatoday, fungsi Hashtags disini tidak hanya digunakan untuk menyoroti aspek kiriman atau gambar yang terkait dengan kiriman seseorang. Pasalnya, dalam jaringan sosial yang paling luas, hashtags diizinkan untuk digunakan. Hashtag sebenarnya adalah URL yang mengirim pengguna ke aliran posting menampilkan semua posting lainnya dengan hashtag tertentu di atasnya.
Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Hastags (#) yang tepat di sejumlah Media sosial:
1. Di Twitter, hanya menggunakan beberapa.
Jika Anda menggunakan lebih dari 3 hashtags Anda kehilangan relevansi. Pasalnya, menggunakan hashtags pada platform ini untuk mengkategorikan postingan Anda.
2. Pada Instagram, Anda dapat menggunakan banyak.
Beberapa penelitian menunjukkan Anda dapat menggunakan bahkan lebih dari 11 hashtags. Namun, saya yakin bahwa membuat banyak hastags dalam sebuah postingan merupakan jenis sophomoric, jadi pengguna tidak perlu ragu, apabila hanya menggunakan 5-7 hashtags dalam postingannya.
3. Pada Pinterest, gunakan cukup untuk menentukan produk / ide.
Pinterest adalah platform yang bagus untuk menggunakan hashtags dan sekali lagi anda dapat menggunakan hashtags meskipun hanya sekali. Pasalnya bila menggunakan hashtags di Pinterest, Anda harus menyelaraskan dengan merek dan produk, sehingga ketika terjadi kesamaan dengan pengguna lain dapat mengenali nama Anda dan produk melalui hashtags yang telah Anda gunakan.
4. Di Facebook, menggunakan hanya beberapa saja
Berbeda dengan di Instagram dan Twitter, di Facebook mungkin sulit untuk mengkalibrasi untuk hal-hal seperti hashtags. Tapi mulailah dengan aturan Twitter dan bekerja sampai jumlah yang tinggi. Kisaran hastags yang dapat digunakan sekitar 4-5 kata tergantung pada jenis konten.
Dewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana