Si Alpukat yang Enak dan Sehat

(Business Lounge Journal – Medicine)

Suka makan alpukat? Buah yang satu ini memang enak. Alpukat dianggap sebagai buah yang sehat karena mengandung lemak sehat, serat, dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

àâAlpukat juga mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B-6, kalium, dan folat.

Ada beberapa jenis alpukat, di antaranya adalah:

1. Alpukat Hass: Jenis alpukat yang paling potêpuler dan banyak ditemui di pasaran. Alpukat Hass berasal dari California, Amerika Serikat.

2. Alpukat Fuerte: Dari segi penampilan, alpukat Fuerte hampir mirip dengan alpukat Hass. Alpukat Fuerte berasal dari Meksiko.

3. Alpukat Perlis: Merupakan varietas lokal yang terdapat di Malaysia, tepatnya di daerah Perlis.

4. Alpukat Green Gold: Merupakanĺ varietas alpukat yang berasal dari Queensland, Australia.

Alpukat Hass sering dianggap sebagai yang terbaik karena memiliki tekstur lembut dan kaya akan rasa alpukat yang khas.

Alpukat mengandung nutrisi penting seperti lemak sehat (terutama asam lemak tak jenuh tunggal), serat, vitamin E, vitamin K, vitamin C, vitamin B-6, folat, dan kalium.

Lemak yang terdapat di dalam alpukat adalah lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat. Lemak sehat dalam alpukat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, serta membantu penyerapan nutrisi tertentu oleh tubuh. Juga, lemak dalam alpukat membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu dalam penyerapan vitamin-vitamin larut lemak.

Perlu diperhatikan bahwa cara terbaik makan alpukat untuk kesehatan adalah dimakan begitu saja tanpa tambahan apapun. Tambahan seperti susu kental manis atau gula hanya akan meningkatkan resiko diabetes. Satu alpukat sehari cukup untuk membantu kesehatan kita, terutama jantung tentunya. Yuk makan alpukat!