Cara Mengumumkan Karyawan Baru (Bagian 3)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Template untuk pengumuman karyawan baru
Di bawah ini adalah template untuk membantu Anda membuat pengumuman pengenalan karyawan. Sesuaikan dengan mengisi bagian dalam tanda kurung dan menambahkan, menghapus, atau mengubah kata-kata agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

Para karyawan [perusahaan Anda] yang terhormat,

Kami dengan senang hati mengumumkan tambahan ke tim kami, [nama orang], yang akan mengisi posisi [jabatan] yang sebelumnya dipegang oleh [nama pendahulu] ATAU yang bergabung karena [alasan untuk posisi baru]. Hari pertama [nama depan orang] bersama kami adalah [tanggal mulai].

[Nama orang] memiliki pengalaman luas dalam [keterampilan yang relevan dengan pekerjaan barunya] dan merupakan lulusan [sekolah atau prestasi akademik lainnya]. Mereka bergabung dengan kami dari [nama perusahaan sebelumnya], tempat mereka [melakukan tugas kerja]. Sebelum bergabung dengan [perusahaan sebelumnya], mereka [daftar tanggung jawab, jika berlaku].

Supervisor [Nama orang] adalah [nama manajer]. Sebagai bagian dari [nama departemen atau tim], [nama orang] akan [daftar fungsi pekerjaan]. Anda dapat menghubungi [nama orang] di [nomor telepon dan/atau alamat email] atau langsung menuju ke [kantor/meja] mereka di [lokasi, jika ada].

Silakan bergabung dengan kami dalam menyambut [nama orang]. Mereka sangat senang bertemu dengan Anda dan saya yakin Anda juga akan senang ketika mengetahui hal itu [fakta menarik].

Jangan ragu untuk menghubungi saya jika ada pertanyaan di [informasi kontak Anda] — dan bergabunglah dengan kami di [acara] penyambutan di [lokasi atau URL] pada [tanggal dan waktu].

Sungguh-sungguh,

[Nama dan gelar Anda]

Mengapa penting untuk mengumumkan karyawan baru
Salah satu tujuan Anda saat merekrut karyawan baru adalah membuat mereka merasa menjadi bagian dari tim secepat mungkin. Gagal mengirim email perkenalan karyawan dapat menyebabkan pertemuan pertama yang canggung antara anggota tim saat ini dan anggota tim baru. Hal ini terutama terjadi jika karyawan yang ada tidak begitu peduli dengan penampilan pekerja lain sehingga mereka mengkhawatirkan keamanan kerja mereka. Melupakan atau memutuskan untuk tidak mengirimkan email perkenalan karyawan akan menimbulkan pengalaman orientasi karyawan yang sulit.

Email perkenalan yang ditulis dengan tepat waktu dan ditulis dengan baik memberikan waktu bagi tim Anda untuk memproses berita dan bersiap menyambut kolega baru mereka. Hal ini meminimalkan kemungkinan kejutan negatif, seperti karyawan mengetahui bahwa mereka memiliki supervisor atau anggota departemen baru tepat pada hari orang tersebut mulai bekerja. Sama pentingnya, hal ini membantu memposisikan karyawan baru agar sukses dalam lingkungan kerja yang positif.

Menguasai proses perekrutan adalah salah satu kunci untuk merekrut talenta terbaik di pasar tenaga kerja yang kompetitif.

Sambut karyawan baru dengan tangan terbuka
Ketika Anda berusaha keras untuk membuat karyawan baru merasa betah — bahkan sebelum mereka tiba — tim Anda kemungkinan besar akan mengikutinya. Hal ini memberikan pengalaman orientasi yang lebih menyenangkan dan meminimalkan gangguan dan konflik di antara anggota tim Anda saat ini. Email pengumuman karyawan lebih dari sekadar langkah prosedural. Mereka harus menjadi bagian integral dalam menjaga budaya perusahaan Anda dan membina pembangunan tim.