Liburan ke Turki Tapi dengan Low Budgeting, Bisa Gak Ya? Bisa Donggggg…

(Business Lounge Journal – Travel)

Ya, buat kamu nih Sobat Traveler yang baru pertama kali mau liburan ke Turki dengan budget yang murah, bisa banget nihhhh. Liburan ala backpacker dijamin bisa menekan budget kamu alias lebih low budgeting. Siapa sih yang nggak mau liburan ke Turki dengan harga yang murah?

Nah, berikut ini adalah tips menarik yang bisa jadi referensi kamu nih kalau mau berlibur ke Turki ala backpacker dengan budget yang murah:

  1. Rajin mencari tiket promo

Ya, tiket yang murah pasti akan sangat berpengaruh pada budget kamu. Kalau bisa nih, kamu perginya jangan hanya sendirian saja. Cobalah ajak saudara atau temanmu yang juga ingin ke Turki. Biasanya akan ada promo tiket pesawat dengan jumlah penumpang yang lebih dari 1 orang. Contohnya 5 – 10 orang. Kamu bisa mencari promo-promo tersebut dengan langsung membuka website maskapai penerbangannya, misalnya Oman Air, Emirates, atau Turky Airlains. Cobalah mulai mencari tiket pesawat lebih awal dan jangan mendekati waktu liburan yang telah kamu rencanakan.

  1. Cari penginapan yang murah

Ada banyak loh apartemen atau rumah-rumah di Turki yang disewakan kepada turis. Jadi opsi penginapan kamu bukan hanya di hotel saja. Kamu bisa mulai mencari penginapan dengan membukan website yang menyediakan berbagai macam tipe penginapan. Sebut saja seperti Airbnb. Kamu bisa mengakses website ini untuk mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan lupa, saat menjelajah situs ini, pastikan kamu tidak hanya terbuai dengan harga penginapan yang murah. Pastikan, selain murah, kamu juga mengecek apakah ada review-review dari pengunjung sebelumnya. Apabila sama sekali tidak ada review, sebaikanya kamu mencari penginapan yang lain. Beda halnya kalau ada review-nya, kamu bisa membaca apa saja komentar dari mereka yang sebelumnya sudah menginap disana.

Biasanya, di website tersebut sudah dipasang foto dari rumah atau apartemen yang disewakan beserta dengan fasilitas didalamnya. Jadi, kamu tinggal menyesuaikan saja kebutuhan kamu dan budget yang kamu miliki. Jika dirasa cocok, cussss langsung booking! Jangan lupa siapkan credit card untuk pembayarannya. Karena, pembayarannya hanya bisa menggunakan credit card.

  1. Carilah transportasi yang murah saat sudah berada di Turki

Setelah kamu mendapatkan tiket dan penginapan yang murah, this is the time buat menjelajahi Turki.. Horee..

Sesampainya di bandara Istambul (IST), kamu bisa menaiki bus bandara yang harganya terjangkau. Biasanya bus ini akan mengantarkan kamu ke terminal besar, pusat beberapa transportasi yang bisa mengantarkan kamu ke berbagai tujuan. Harga naik bus ini jauh lebih murah daripada taxi pada umumnya. Kamu tidak perlu bingung mencari busini, biasanya saat kamu sudah keluar dari bandara, ada banyak bus yang sudah parkir.

Selanjutnya, kalau kamu mau menjajal kota Istanbul, jangan lupa membeli Istanbul Card. Ya, kartu ini fungsinya seperti kartu busway kalau di Jakarta. Harga kartu ini pun bisa dibilang murah (kurang lebih Rp. 20.000 jika dirupiahkan) dan dengan satu kartu ini, kamu bisa mengakses semua transportasi umum di Turki. Info tambahan nih, di Turki itu tidak ada gojek atau gocar yah guys, hehe. Transportasi umum di sana adalah bus, taxi maupun kapal feri. Dipastikan perjalanan kamu pasti lebih menyenangkan menggunakan transportasi umum ditambah harganya yang terjangkau.

  1. Susuri makanan dan jajanan lezat di sepanjang jalan

Makanan yang lezat tidak hanya ada di restoran besar loh. Terdapat banyak makanan yang sedap dan mengenyangkan dengan harga yang murah di sepanjang jalan kota-kota di Turki. Cobalah beberapa makanan yang kamu temui mungkin di terminal atau di dekat objek-objek wisata. Biasanya, rasanya yang otentik Turki bisa kamu dapatkan juga dengan harga yang terjangkau. Jadi, dengan budget yang minim kamu sudah bisa mendapatkan makanan yang lezat dan murah.

Itulah 4 tips menarik buat kamu yang mau travelling ke negara yang terkenal dengan kebabnya. Hehehehe. Jadi gimana nih, tambah semangat dong mau liburan ke Turki?